Rabu, 26 Juli 2017

Minarti Manalu: Terus Berjuang demi Menggapai Mimpi

Sumbar gambar: Pixabay.com

Minarti Manalu S.Pd merupakan seorang perempuan muda yang lahir di Tanjung Pinang, 22 Maret 1994. Mencintai dunia tulis menulis sejak kuliah pada semester tiga hingga saat ini. Baginya, menulis dapat membantu memecahkan masalah dan juga membuatnya kembali bersemangat. Sejak tamat kuliah di universitas HKBP Nommensen Medan dengan jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Minarti semakin giat mengasah ketajaman pena. Ia bertekad untuk bisa menggapai mimpi besarnya, yakni menghasilkan novel yang bisa menginspirasi banyak orang, sekaligus novel karyanya difilmkan.
            Tamat sarjana, Minarti diterima untuk melanjutkan kuliah S2 di Universitas Negeri Medan (UNIMED) dengan jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia. Sayangnya, impian untuk memperoleh ilmu ke jenjang lebih tinggi tersebut harus berhenti karena ketidaksanggupan biaya. Meski begitu, Minarti tidak pernah merasa kecewa ataupun bersedih. Baginya, semua lika-liku hidupnya telah diatur oleh Yang Maha Kuasa. Yang harus ia lakukan adalah tetap bersyukur dan terus berkarya.
            Perempuan yang tergila-gila pada karya penulis Paulo Coelho ini menyebutkan bahwa ia sangat beruntung memiliki keluarga yang terus memberinya dukungan, juga motivasi. Oleh sebab itu, Minarti memantapkan hati untuk menjadi seorang penulis professional. Ia berjanji akan terus menulis hingga tak mampu lagi menulis.
            Bergabung dengan komunitas Laboratorium Sastra Medan (Labsas) dan Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) membuat Minarti berhasil membuktikan bahwa karyanya bisa diterima oleh khalayak banyak. Terbukti dengan dimuatnya naskah Minarti berupa cerpen dan puisi di media lokal Sumatera Utara. Adapun buku yang sudah berhasil Minarti tulis, antara lain:
·      Antologi Prasasti Kehidupan bersama Nancy Purba dan Otniel Napitupulu. Penerbit Oase Pustaka, Agustus 2016.
·      Novel Gadis Kecil Berkaleng Kecil di Negara Australia. Penerbit Sabana Pustaka, Oktober 2016.
·      Antologi Karya Variasi Cerita. Penerbit Perahu Literatur, November 2016.
·      Novel Pelabuhan Hati di Negara Singapura. Penerbit Oase Pustaka, Januari 2017.
·      Kumpulan Cerpen Sketsa Hidup. Penerbit Deepublish, Januari 2017.
·      Kumpulan Puisi Secercah Harapan. Penerbit Perahu Literatur, Maret 2017.

Minarti Manalu
Sumber gambar: Facebook Minarti Manalu 

            Selain menulis, prestasi lain yang berhasil Minarti peroleh, antara lain:
·      Menerima Beasiswa PPA Universitas HKBP Nomensen Medan, Agustus 2013.
·      Sebagai salah satu pemain teater “Dilarang Bernyanyi di Kamar Mandi” di Taman Budaya Sumatera Utara, 27 April 2014.
·      Juara III Program Adik Asuh di Universitas HKBP Nommensen Medan, 5 September 2014.
·      Finalis Duta Bahasa Sumatera Utara, 11 Agustus 2015.
·      Juri Debat Bahasa di Taman Budaya Sumatera Utara, 22 Oktober 2016.
·      Juri Cerdas Cermat di Taman Budaya Sumatera Utara, 22 Oktober 2016.
·      Juri Cipta Puisi di Taman Budaya Sumatera Utara, 22 Oktober 2016.
·      Pembicara Seminar Nasional Sastra dalam Era Globalisasi yang membahas Proses Kreatif Menulis Novel, 9 Maret 2017.
            Sebenarnya menulis tidak bisa dibilang gampang, tidak bisa juga dikatakan sulit. Bila terkena writer block, Minarti memutuskan untuk rihat sejenak dan mendengarkan musik. Lalu ketika ia kehabisan ide, yang ia lakukan adalah dengan banyak membaca. Maka ide-ide pun akan kembali berdatangan.
Minarti menyebutkan bahwa menulis bisa sebagai pencarian utama. Hingga saat ini, Minarti sudah merasakan honor tulisan sebesar Rp 1.500.000 yang ia dapatkan dalam waktu satu bulan. Selain menulis, pemasukan Minarti ia dapatkan dari mengajar les private di rumah.
            Bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian. Untuk menjadi seorang penulis, kamu harus memiliki mental baja. Tidak ada penulis yang langsung sukses. Semua pasti merasakan yang namanya jatuh bangun. Kalau kamu memang sungguh-sungguh ingin menjadi penulis, maka menulislah mulai dari sekarang. Perbanyak referensi dengan membaca buku, dan kamu harus bisa menerima kritik JUGA saran membangun dari pembaca tulisanmu. Nikmati proses yang kamu jalani. Niscaya, cepat atau lambat, kamu pasti merasakan kesuksesan.[]
Padangsidimpuan, 24 Mei 2017.
❤Eva Riyanty Lubis❤ 

2 komentar:

  1. Wuiiih Keren ya Mba Minarti Manulu. Bener banget tuh va bersusah2 dahulu bersenang2 kemudian..

    BalasHapus
  2. Amin :) Terima kasih Mbak Septia Khoirunnisa. Salam kenal ya Mbak :)

    BalasHapus

Follow Me @evariyantylubis