How You Life Your Life

Review Novel Kalung Setengah Hati by Ramajani Sinaga



Judul: Kalung Setengah Hati 

Penulis: Ramajani Sinaga

Penyunting: Ani Nuraini Syahara

Ilustrasi Sampul: Ismi Ulfah 

Penerbit: Bhuana Sastra imprint Bhuana Ilmu Populer 

ISBN: 978-623-216-797-1


Blurb: 



Kalung Setengah Hati adalah sebuah novel romantis karya Ramajani Sinaga yang diterbitkan pada tahun 2020. Novel ini menceritakan kisah cinta segitiga antara Jack, Panda, dan Sasha, tiga remaja SMA yang terikat oleh sebuah kalung berbentuk setengah hati. Novel ini menggambarkan perasaan rindu, galau, dan ikhlas yang dialami oleh para tokoh dalam menghadapi masa lalu dan masa depan mereka.


Novel ini mendapat banyak ulasan positif dari para pembaca, yang menyukai gaya bahasa yang asik, deskripsi yang manis, dan alur yang menarik. Beberapa pembaca juga merasa terbawa suasana keceriaan kisah remaja, dan terinspirasi oleh quote-quote epik yang ada di novel ini. Namun, ada juga yang menganggap novel ini terlalu klise, mudah ditebak, dan kurang mendalam. Secara keseluruhan, novel ini cocok untuk dibaca oleh para pecinta genre romansa, terutama yang suka dengan kisah cinta masa SMA.


Ini adalah kali kedua saya membaca Kalung Setengah Hati--terakhir baca kalau ndak salah tahun 2021. Saya selalu suka novel yang menggunakan beberapa POV. Karena saya tahu nulis seperti ini tidaklah mudah dan menjadi tantangan tersendiri bagi si penulis. 


Ramajani Sinaga berhasil mengaduk-aduk perasaan pembaca melalui Kalung Setengah Hati. Novelnya ringan, namun syarat makna. Ada beberapa typo, salah satunya halaman 80. 


"Kan ada kamu yang bakal gendong kamu!" Harusnya gendong aku. 


Kalung Setengah Hati menjadi pilihan pas buat menemani waktu luangmu. 


Oh ya, saya menantikan novel berikutnya dari Ramajani Sinaga dengan target pembaca lebih dewasa. 👌 Sukses terus buat penulis 🙏






No comments:

Post a Comment