Selasa, 13 November 2018

Sulit Cari Kerja? Cari Lowongan Pekerjaan di Situs Ini Saja Yuk!


Mencari Pekerjaan Tidak Semudah Membalikkan Kedua Telapak Tangan. Butuh niat, usaha, dan kerja keras. 

Mencari pekerjaan bisa terasa sulit bagi banyak orang di Indonesia. Sudah ke sana kemari, belum tentu juga menemukan pekerjaan sesuai keahlian. Tak heran ada banyak pekerja yang harus banting setir untuk bekerja apa saja, yang penting tidak dicap sebagai pengangguran. Masih lekat dibenak saya kala menemukan banyak pekerja di salah satu perusahaan swasta tempat saya dulu bekerja. Mereka sangat bahagia bisa bekerja di perusahaan tersebut, padahal ketika saya mengetahui latar belakang pendidikan mereka, saya benar-benar heran dan tak habis pikir. Bayangkan saja, seorang lulusan keperawatan bekerja sebagai penjaga gudang. Lulusan sarjana hukum sebagai supir, dan sebagainya. 

            Menjadi pengangguran memang tidak menyenangkan. Sudah susah payah menyelesaikan pendidikan, eh malah tidak mendapat pekerjaan yang sesuai dengan keahlian. Apalagi bila Anda tinggal di tempat yang minim fasilitas. Tidak banyak perusahaan, berarti tidak banyak lowongan yang tersedia. Tempat tinggal saya juga demikian. Lowongan pekerjaan sangatlah terbatas. Bisa saja skill yang dimiliki hilang ditelan waktu sebab ketidaktersediaan pekerjaan yang sesuai. 

            Alhamdulillah pada Tuhan Yang Maha Esa karena seiring dengan perkembangan teknologi, mencari pekerjaan juga bisa dilakukan secara online. Jika Anda jeli, ada banyak situs pencari lowongan kerja di internet. Berbagai lowongan kerja ditampilkan. Tinggal bagaimana kita berusaha semaksimal mungkin untuk mendapatkan lowongan pekerjaan tersebut.

            Mencari pekerjaan secara online? Memang ada? Yap. Sebut saja JobStreet, salah satu website terbesar di Indonesia yang menampilkan lowongan kerja terbaru. Situs loker lainnya yang direkomendasikan pada Anda selain JobStreet adalah JobsDb, Karir.com, Kalibrr, dan Glints.

Bekerja Membuat Hidup Lebih Berarti 

Mengapa Harus JobStreet?
            JobStreet merupakan salah satu situs pencari kerja online terbesar di Indonesia, bahkan Asia. Selain di Indonesia, situs ini juga membuka cabang di Malaysia, Filipina, Singapura, dan Vietnam. Hadir sejak tahun 1997, JobStreet tercatat memiliki lebih dari 800 tim professional yang terus berusaha mengembangkan situs ini untuk menjadi yang terbaik. Adapun kelebihan lainnya berupa: 


  1. Lowongan kerja yang ditampilkan sangatlah up to date.
  2. Puluhan ribu lowongan kerja yang bisa dipilih sesuai dengan skill dan background.  
  3. Anda bisa memilih lokasi kerja berikut dengan posisi yang ingin diperoleh. 
  4. Ketika lamaran kerja online diajukan, Anda bisa mengetahui apakah perusahaan tersebut telah melihat CV Anda. 
  5. Ketika perusahaan memberikan undangan untuk melakukan interview, infonya akan dikirim melalui email atau sms.


            Untuk mendapatkan pekerjaan dari JobStreet, Anda harus berjuang semaksimal mungkin. Tidak jauh berbeda kala Anda mencoba mendapatkan pekerjaan secara offline. Bedanya, persaingan dalam mendapatkan pekerjaan dari banyak perusahaan berkualitas dari JobStreet jauh lebih tinggi. Bayangkan saya, Anda harus bersaing dengan ratusan pelamar online lainnya. Apalagi lowongan kerja dari perusahaan paling terpercaya alias perusahaan top brand. Sebut saja PT. Astra, PT. Telkom, PT. Mitsubishi, PT. Sharp, dan sebagainya. Pelamar untuk setiap posisi bisa mencapai ribuan! Nah, siapkah Anda bersaing dengan mereka?

Tips Sukses Mendapatkan Pekerjaan di JobStreet 

  1. Pastikan Anda mengisi informasi secara detail. Mulai dari CV, pengalaman, keahlian, kelebihan, posisi yang diinginkan, gaji, dan sebagainya. 
  2. Banyak lowongan berkualitas di JobStreet namun tidak menerima pelamar yang baru saja menyelesaikan kuliah. Jadi, jangan sia-siakan waktu untuk apply lamaran, karena kemungkinan Anda tidak akan diterima. Pastikan Anda memiliki pengalaman dibidang tersebut sebelum memutuskan untuk apply lamaran kerja. Lain halnya bila mereka mencantumkan bahwa mereka terbuka bagi seluruh pelamar, termasuk fresh graduate. 
  3. Pastikan Anda mencantumkan gaji sesuai keahlian dan keinginan. Gaji dari perusahaan yang satu dengan lainnya pasti tidak sama, apalagi dengan perbedaan lokasi. Cari tahu hal ini lebih dahulu. Sebagai contoh, sangat tidak mungkin Anda meminta gaji sebesar Rp 20.000.000 perbulan pada perusahaan baru buka, sedang Anda juga belum memiliki pengalaman pekerjaan pada posisi tersebut.
  4. Banyak berdoa dan tidak menyerah ketika lamaran pekerjaan belum diterima.


Bagaimana Dengan Website Pencari Kerja Lainnya?

  1. JobsDb juga termasuk salah satu situs pencari online yang banyak diminati di Indonesia. Yang menjadi pembeda dengan JobStreet adalah, JobSteet memiliki lowongan pekerjaan lebih banyak dibanding JobsDb.
  2. Karir.com juga dipercaya sangat professional sebab sudah beroperasi sejak tahun 1999. 
  3. Kalibrr berdiri sejak tahun 2012. Meski tergolong baru, situs ini sudah berhasil menarik banyak minat pelamar. Go-Jek, PT. Bank Central Asia, dan sebagainya telah bergabung menjadi mitra Kalibrr.
  4. Glints berpusat di Singapura dan menjadi yang termuda di antara JobStreet, JobsDb, Karir.com, dan Kalibrr. Berdiri sejak tahun 2013 dan terus berusaha membantu pekerja menemukan karir impian mereka.
   
           Nah, dari informasi di atas bisa disimpulkan bahwa mencari pekerjaaan tidaklah sesulit yang dibayangkan. Asal ada niat, kemauan, usaha, dan doa. Bergabunglah bersama ribuan calon pekerja lainnya, dan temukan pekerjaan impianmu! Karena Tuhan ada bersamamu, maka tidak ada yang tidak mungkin bagiNya. 

            Sukses selalu!


Penulis:
Eva Riyanty Lubis 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow Me @evariyantylubis