Minggu, 02 Desember 2018

Contoh Surat Penarikan Naskah ke Penerbit


pixabay.com


Pernah nggak sih kesal karena sudah kirim naskah ke satu penerbit namun tak ada kabarnya? Boro-boro kabar baik, kabar naskah sudah diterima redaksi saja tidak ada. Sedih? Pasti. Kecawa? Lumayanlah. Apalagi jika penantian panjang hingga bertahun-tahun. Saya sendiri pernah merasakan hal ini. Bahkan sering banget. Dulu pernah ngirim novel ke penerbit A. Mereka balas email sih. Katanya tunggu sampai enam bulan untuk mendapatkan kepastian diterima tidaknya. Tiba di hari H, nggak ada email masuk dari mereka. Saya mencoba bersabar dan terus menunggu hingga sembilan bulan--kalau hamil udah ngelahirin ini mah. Hehehe

Karena tetap tidak ada kabar, saya pun berinisiatif untuk mengirim email terlebih dahulu. You know, mereka malah balas kurang lebih seperti ini: 


Haduh, Mbak. Sepertinya naskah Mbak kelelep saking banyaknya naskah masuk. Bisa kirim ulang?


Hellow? Sudah nunggu berbulan-bulannya nasibnya malah setragis ini. Alhasil saya memutuskan untuk menarik naskah yang telah saya kirimkan kepada mereka, kemudian memutuskan untuk mengirimkan 'anak' saya tersebut ke penerbit lain. 

Dari pengalaman di atas saya bertekad untuk menarik naskah yang sudah lebih enam bulan tidak ada kabar. Kecuali penerbitnya memang kelas kakap yang butuh waktu hingga satu tahun untuk memberikan kabar diterima tidaknya tulisan kita. Contoh: Gramedia. Namun menurut teman-teman penulis di sana, terkadang malah dapat keputusan diterima tidaknya hanya dalam tiga bulan. Rezeki penulisnya masing-masinglah ya. 

Surat penarikan naskah yang saya kirim tidak terlalu rumit, malah sederhana sekali. Silahkan kamu cek di bawah ini.

Contoh Surat Penarikan Naskah ke Penerbit

Kepada Yth Redaksi BlaBlaBla

Dengan Hormat
Bersamaan surat ini saya beritahukan bahwa saya akan menarik empat naskah novel yang saya kirim ke Redaksi BlaBlaBla.

Adapun judul naskahnya :

  1. TAK ADA YANG HILANG. Dikirim 01 September 2015.
  2. DI ANTARA KITA. Dikirim 01 September 2015.
  3. dll



Hal ini terjadi dikarenakan tidak adanya jawaban dari Redaksi BlaBlaBla sejak naskah saya kirimkan hingga sekarang, 01 Desember 2018. Sehingga saya memutuskan untuk memperbaiki naskah dan mengirimkannya ke penerbit lain. 
Demikian surat ini saya sampaikan. Semoga dapat dimaklumi dan berharap kelak kita dapat bekerja sama. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,
Eva Riyanty Lubis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow Me @evariyantylubis