How You Life Your Life

PUSING MENCARI IDE BISNIS? PAHAMI HAL BERIKUT INI!

 



Kebanyakan orang yang ingin memulai bisnis selalu terkendala dengan ide. Bisnis apa yang cocok saat ini? Bisnis apa yang bisa membuat saya sukses? Bisakah saya mewujudkan mimpi untuk menjadi pengusaha muda berbakat Indonesia? Dan masih banyak pertanyaan lainnya. Sebenarnya tidak perlu pusing untuk mencari ide bisnis, sebab ianya ada di dalam diri kita. Serius? Ya. Jawabannya adalah ide yang bersumber dari bakat yang kita miliki.


Jika kamu memulai bisnis sesuai dengan bakat, maka kamu bisa menjalankan bisnismu dengan sepenuh hati. Kamu juga lebih kreatif, inovatif, percaya diri, tekun, enjoy, dan termotivasi. Nah, beberapa hal tersebut sudah termasuk dalam unsur-unsur untuk menjadi seorang pebisnis. Jadi, bila unsur-unsurnya sudah kamu penuhi, hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah action.


Semua manusia dikaruniai bakat oleh Sang Pencipta. Tetapi, tidak semua mengenali dirinya dengan baik sehingga tidak tahu bakat apa sebenarnya yang ia miliki. Untuk itu kita harus menggali kemampuan lebih dalam. Apa sebenarnya yang unggul di dalam diri kita? Aktivitas apa yang kita cintai? Dan berbagai macam pertanyaan lainnya.


Bila kamu sudah mengetahui bakat apa yang kamu miliki, lalu ekspresikanlan bakat itu untuk menjadi sebuah ide yang luar biasa.


Bukti ide ada dalam bakat

Sebenarnya, apa bukti ide bisnis berasal dari bakat? Ada banyak bukti, di antaranya:

  • Berdasarkan hasil penelitian.
  • Pendapat dari pakar dan praktisi manajemen.
  • Kisah dari pengusaha-pengusaha hebat.

Hasil penelitian Human Resources Development Canada (2000) menemukan bahwa para pengusaha sukses selalu bergairah dalam menjalani kehidupan mereka. Mereka mengatakan bahwa hanya ada sedikit perbedaan antara pekerjaan dengan kecintaan mereka—pada kenyataannya antara keduanya adalah sama. Aktivitas yang dicintai merupakan salah satu ciri aktivitas yang merupakan ekspresi bakat atau potensi kekuatan.


Kent C. Nelson (1998) yang merupakan direktur United Parcel Service mengatakan, “Apa yang menjamin keberhasilan generasi kita yang akan datang? Saya percaya bahwa jawabannya adalah kekuatan dari dalam individu.”


Kazuro Murakami, Ph.D., seorang ahli genetika dari Jepang mengatakan, “Secara genetik, kita telah memasuki era ketika setiap individu harus mengembangkan dan menggunakan kemampuan bawaan mereka.”


Abraham Maslow yang merupakan ahli psikologi mengatakan, “Bakat yang terlahir dalam diri seseorang pada suatu saat akan timbul sebagai suatu kebutuhan dan perlu mendapatkan perhatian serius. Peluang terbaik untuk menemukan bakat tersembunyi Anda adalah dengan menyelidiki bakat-bakat terpendam Anda, kemudian tumbuhkanlah kekuatan-kekuatan yang diakui di pasar.”


Tentu saja beberapa hal di atas hanya sebagian kecil dari bukti bahwa ide ada dalam bakat yang kita miliki.


Bila seseorang beraktivitas sesuai dengan bakat atau potensi kekuatannya, maka orang itu memiliki kemungkinan besar untuk sukses. Nah, sudahkah kamu mengetahui bakat yang kamu miliki? Memasak, menjahit, desain, otomotif, dan masih banyak jenis bakat lainnya. So, segera temukan bakatmu untuk menciptakan ide bisnis yang luar biasa.

No comments:

Post a Comment