How You Life Your Life

MENGUBAH NAMA ANAK DI KK DAN AKTE KELAHIRAN

Saya sudah sempat mendengar kabar terbaru tentang peraturan pemberian nama anak, hanya saja hal itu hanya saya anggap angin lalu semata. Nggak ada angin, nggak ada hujan, tiba-tiba muncul tread di Twitter yang membahas hal ini. Seseorang itu mengatakan betapa ribetnya memiliki nama yang menggunakan singkatan. Langsung saja saya teringat pada nama anak yang memang ada singkatannya, plus memiliki tanda baca. Semalaman saya cari info seputar peraturan pemberian nama anak. Ternyata benar, informasi ini sudah dikeluarkan oleh pemerintah sejak 21 April 2022. 


Sebelum


Sebagai emak-emak garcep, langsung saya tancap gas ke Kantor Catatan Sipil Kota Padangsidimpuan. Saya bawa KK asli, akta lahir anak, buku nikah, ktp saya dan suami. Pokoknya jangan sampai ada berkas yang tertinggal. Sejujurnya saya takut kalau sekiranya mengubah nama anak bakalan dibuat ribet. Karena sempat dapat kabar dari orang-orang sekitar, kalau ada perubahan nama, wajib sidang terlebih dahulu! Olala! Makin ribet, dong! 


Alhamdulillah ternyata proses yang saya lalui cukup mudah. Saya dipertemukan langsung oleh pihak pendaftaran kepada pimpinan mereka. Sang pimpinan menanyakan masalah yang saya alami. Dengan singkat dan jelas, saya menjelaskan perihal aturan baru ini. Tak butuh waktu lama, ia langsung menuliskan acc pada berkas saya (hanya KK dan AKTA LAHIR asli yang dibutuhkan). 


Ibu yang ada dibagian pendaftaran langsung menanyakan nama anak terbaru yang saya inginkan. Selesai dari bagian pendaftaran, langsung beralih pada bagian operator. Antrinya tak begitu lama. Kurang lebih 30 menit, berkas baru selesai saya terima. 


Nama baru Azzu 


Alhamdulillah. Senangnya luar biasa. 

Berikut aturan baru pemberian nama anak berdasarkan Permendagri 73 Tahun 2022: 

  1. Mudah dibaca, tidak bermakna negatif, dan tidak multitafsir. 
  2. Maksimal 60 huruf termasuk spasi. 
  3. Paling sedikit 2 kata.
  4. Wajib menggunakan huruf latin. 
  5. Dilarang disingkat, kecuali tidak diartikan lain. 
  6. Dilarang menggunakan angka dan tanda baca. 

Punya masalah yang sama? 

Yuk, perbaiki secepatnya!


Bunda Azzu, 08 Juli 2022


No comments:

Post a Comment