Tuesday, September 7, 2021

MENJADI IBU RUMAH TANGGA KEREN DAN PENUH KREATIVITAS

Alhamdulillah.
Happy 2nd Annv meski sudah lewat 10 hari lalu 😁💗




Menurut KBBI, keren memiliki arti gagah dan tangkas. Sedangkan kreativitas adalah kemampuan untuk mencipta, berkreasi, dan kekreatifan. Saat menjadi istri dan ibu, pernahkah kamu merasa lelah dan bosan atas segala rutinitas yang ada? Jujur, pasti pernah. Pekerjaan di rumah yang tak pernah ada habisnya benar-benar menguras tenaga. Kalau dipikir-pikir, lebih mudah kerja jadi karyawan atau apalah di luar sana dibanding kerjaan di rumah. Apalagi tipe ibu rumah tangga yang nggak bisa melihat kondisi rumah kotor, acak, semberawut, dan sebagainya. Bagian jadi ibu dari anak-anak mah saya rasa asik-asik saja. Yang penting bagaimana cara kita menghabiskan waktu dengan buah hati. Tapi, tetap ada banyak hal yang harus diperhatikan!


Tak jarang saya lihat saking lelah atau bosannya si ibu, ia membiarkan buah hatinya bermain seorang diri. Sedangkan si emak sibuk dengan ponselnya. Big No! Belum lagi kalau si anak masih di bawah lima tahun (bahkan kenalan saya sudah memberi ponsel pada anaknya yang belum berusia satu tahun, gaes!). Pemberiannya pun rutin hampir tiap hari! Betapa luar biasa! 


Kita boleh lelah, penat, pengen me-time, tapi ingat peran kita sebagai istri dan ibu. Jangan sampai rasa egois mengalahkan semuanya. Saat bersama anak, mari kita ciptakan hubungan baik. Bermain bersama, membaca bersama, dan hal lainnya dengan penuh rasa bahagia. Kalau si anak sudah bisa jalan dan bicara, saya rasa sudah semakin mudah diajak kerja sama. Tinggal bagaimana kita sebagai ibu mengatur dan menciptakan mood baik. 


Agar menjadi keren dan penuh kreativitas, apa saja yang bisa Anda lakukan sebagai seorang ibu?


  1. Belajar. Ada banyak hal yang bisa Anda pelajari sembari menjadi Ibu Rumah Tangga. Misal, kursus online yang disesuaikan dengan bakat dan minat Anda. Apalagi sekarang kursus online bisa dilakukan kapan saja. Cukup 1-2 jam setiap harinya, pasti hari-hari Anda jadi lebih berwarna. Mau berbayar atau gratisan, tinggal pilih sesuai selera. Saya sendiri memilih untuk kembali mempelajari bahasa asing melalui aplikasi yang bisa di-download di Play Store secara gratisan. Wajib belajar setiap harinya alias disiplin agar proses belajar benar-benar memberi manfaat.

  2. Olahraga. Bagi sebagian ibu, membagi waktu buat olahraga bukanlah hal  mudah. Tapi, bukan pula tidak mungkin untuk dilakukan. Bahkan kita bisa melakukannya di rumah bersama buah hati. Selain menyehatkan juga bisa membuat pikiran kita lebih positif. Yuk, coba lakukan! 

  3. Bekerja. Dewasa ini sudah banyak ibu rumah tangga yang bisa mendapatkan penghasilan dari rumah, lho! Anda bisa menjadi salah satunya. Ada banyak pekerjaan yang bisa dilakukan, namun tetap harus disesuaikan dengan minat dan bakat agar proses pengerjaannya menjadi lebih asik dan menyenangkan. Misal, menulis, meng-ilustrasi, menjual camilan di marketplace, membuka jasa kursus online, dan masih banyak lainnya. 

  4. Kencangin Ibadah. Tidak hanya fokus pada yang wajibnya, namun juga memulai hal-hal sunnah. Buat jadwal rutin khatam Al-Qur'an,  menyempatkan diri shalat Tahajjud, dan lainnya. 

  5. Membaca or Nonton. Sah-sah saja kok kita membaca buku favorit atau nonton Drakor. Misal, nonton pas anak lagi tidur. Aktivitas baca bisa bareng anak. Jangan lupa siapkan buku bacaan sesuai dengan usia anak, ya. Jadi aktivitas ini terasa lebih menyenangkan. Selain itu, kita juga telah ikut serta mengenalkan buku pada buah hati. Semoga buah hati juga bisa jadi anak yang cinta buku.

  6. Kurangi Membuka Media Sosial. Kebanyakan menggunakan media sosial, scroll nggak jelas, malah membuat waktu kita terbuang percuma. Kecuali kita gunakan untuk promo dagangan, bolehlah. Tapi tetap sesuaikan waktu penggunaannya. 

  7. Percantik Diri. Sah-sah saja kok kalau kamu mau skincare-an, sesekali luluran, facial, dan lainnya. 

  8. Kembangin Hobi. Selama ini punya hobi yang jarang dilakukan? Ini saat tepat buat kembali ngembangin hobi. Misal, menjahit, menggambar, menulis puisi, memasak kue, dan lainnya. 

Demikian beberapa hal yang bisa dilakukan ibu rumah tangga yang terkadang merasa monoton dengan aktivitasnya. Yuk, bisa yuk! Bismillah. 



Padangsidimpuan, 07 September 2021
Bunda Azzu 


No comments:

Post a Comment