Thursday, February 6, 2020

Enaknya Punya Sahabat Sejati


💙💚💛💜💓

Eva Riyanty Lubis

            Zaman sekarang tidak punya sahabat? Apa kata dunia? Yapp! Hidup seorang diri memang tidaklah enak. Walaupun kamu cantik atau tampan, kaya, pintar, kalau tidak punya sahabat pasti akan terasa ada yang kurang. Karena bisa dipastikan tidak semua ‘rasa’ ingin kita bagikan kepada orang terdekat, seperti orangtua. 

            Sebenarnya, apa sih arti sahabat itu? Sahabat adalah orang-orang yang merasa senasib sepenanggungan, saling mengisi, saling memahami, serta saling berbagi dalam suka dan duka.

            Memang untuk menemukan sahabat tidaklah mudah. Sangat berbeda halnya ketika kita memulai pertemanan dengan orang lain. Meski begitu, kalau kita mau dan ingin, kita pasti bisa mendapatkan sahabat. Untuk mendapatkan sahabat, kita akan melewati proses dan waktu yang tidak bisa kita tentukan lamanya.

            Antara lelaki dan perempuan, siapa yang lebih membutuhkan hadirnya sahabat? Sebenarnya keduanya sama saja. Letak perbedaannya hanya ada di berbagi perasaan. Perempuan kalau sudah memiliki sahabat pasti dengan mudah mengungkapkan segala perasaan yang dia alami. Berbeda dengan lelaki. Persahabatan  bagi mereka tidak mengedepankan perasaan. Bila mereka sudah memiliki minat dan aktivitas yang sama, persahabatan akan lancar-lancar saja. Buktinya, sangat jarang kita melihat hancurnya persahabatan antara lelaki. Walau mereka memiliki prinsip dan pendapat berbeda.

            Lalu bagaimana dengan persahabatan antara lelaki dan perempuan? Sebenarnya tidak ada masalah. Hanya saja ketika perempuan dan lelaki bersahabat, tak jarang cinta hadir di antara keduanya. Kemudian timbullah perasaan cemburu dan takut kehilangan. Hal itulah yang bisa menyebabkan rusaknya persahabatan.

            Persahabatan adalah sebuah hubungan yang akan dihadapkan dengan berbagai macam keadaan. Bukankah hidup akan terus berjalan? Kalian tidak akan selamanya bisa terus berduaan ke mana pun ingin pergi. Misalnya ketika sahabatmu memutuskan untuk kuliah di kampus berbeda dan mengambil jurusan yang berbeda pula, kamu harus menerima keputusannya dengan lapang dada. Begitu juga ketika dia sukses terlebih dahulu dibanding kamu dengan impiannya. Sebagai sahabat sejati, kamu pasti ingin melihat dia bahagia. Dan tentunya kamu juga harus merasakan kebahagiaan atas apa yang terjadi padanya.

            Sahabat sejati adalah seseorang yang membuatmu terus bersemangat menjalani hidup. Dia tidak pernah lelah memberi motivasi dan mendukung impian-impianmu. Ketika kamu jatuh, dia ada di sampingmu. Ketika kamu bahagia, dia juga merasa menjadi orang yang paling bahagia. Dia tidak melihat kamu terlahir dari keluarga kaya atau miskin. Dia juga tidak peduli bagaimana fisikmu. Yang dia tahu, hadirmu adalah anugrah yang diberi Tuhan untuknya.

            Bagaimana dengan seseorang yang mengaku sahabat namun suka membujuk untuk melakukan hal-hal negatif? Belum lagi berkadang di depan dia berkata manis, namun di belakang menikam? Sungguh, dia bukanlah sahabat yang baik.

            Jikalau memang sahabatmu masih memiliki sifat dan sikap negatif, tugasmulah untuk membawanya ke jalan yang lebih baik. Sebab sahabat yang baik adalah seseorang yang terus menularkan kebaikan kepada sahabatnya.
Berikut beberapa tips untuk mendapatkan sahabat:

  1. Jangan habiskan waktu antara rumah, sekolah atau kampus saja. Tetapi sisipi juga waktu luangmu dengan bergabung di komunitas-komunitas yang sesuai dengan bakat dan minatmu.
  2. Jika kamu merasa seseorang itu pantas menjadi orang yang dekat denganmu, maka lakukanlah. Ajak dia berkenalan. Jadilah orang pertama dalam memulai langkah persahabatan.
  3. Terbukalah pada orang-orang yang menarik minatmu.
  4. Kamu juga harus menjadi pendengar yang baik.
  5. Sama sesekali tidak boleh menyombongkan diri.
  6. Jujurlah selalu. Jadi dirimu apa adanya.
  7. Nikmati proses pendekatan dengan orang-orang yang akan kamu jadikan sahabat.
Tidak semua orang bisa berjumpa dengan sahabat sejatinya. Jadi, ketika kamu sudah bertemu sahabat sejatimu, banyak-banyaklah bersyukur kepada Sang Pencipta dan semoga persahabatan kalian langgeng sampai akhir hayat. 

Salam kangen untuk sahabatku yang jauh di mata namun dekat di hati. Septia Khoirunnia.


Padangsidimpuan, Februari 2015.


4 comments:

  1. Terimakasih untuk tulisan keren tips mendapatkan sahabat ini vaa. Sepele kadang orang menganggap, tapi ternyata banyak diantara kita yg sulit mendapatkan persahabatan yang langgeng tersebut. Uniknya kita, berjumpa saja belum tapi sudah bersahabat bertahun-tahun. Semoga suatu saat kita bisa ketemu di waktu, tempat dan kesempatan yang baik. Aamiin ya Rabb ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tetehkuuuuu :) Aminnn aminnn ya robbal alamin ya teteh sayang

      Delete
  2. Senangnya punya sahabat sejati. Betul Va, sahabat itulah support system kita yang membuat kita merasa "ada". Kalau bagiku, sahabat tak selalu harus bertemu, namun kita menyadari keberadaannya dan ketika kita senang maupun susah, kita ingat dia.

    Aku sendiri punya teman banyak, tapi sahabatku hanya beberapa, termasuk Eva. Kalianlah orang-orang yang menjadi semangatku :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kakakku sayang penuh semangat :) tetap menjadi wanita tangguh nan luar biasa.
      Bangga bisa kenal kakak Kina ^^
      Sehat selalu ya, Kak

      Kecup sayang dari Padangsidimpuan :*

      Delete

Follow Me @evariyantylubis