Thursday, January 23, 2020

Jangan Takut Bermimpi!


Rindu momen luar biasa ini 😊

Eva Riyanty Lubis

            Jangan takut bermimpi! Meski kebanyakan orang mengatakan kalau mimpi terlalu tinggi lalu jatuh, pasti rasanya sakit sekali. Sebenarnya itu merupakan pemikiran yang terlalu dangkal. Membuat kita sebagai manusia menjadi takut sebelum memulai untuk bermimpi. Apalagi kalau kalimat itu diucapkan kepada anak-anak atau remaja. Sungguh, mental mereka akan down seketika. Bahkan pada orang dewasa sekalipun. 

            Mimpi bukan hanya sekedar mimpi. Ketika kita bermimpi ingin keliling dunia namun hanya berani memimpikannya tanpa ada action, sama saja bohong. Agar mimpi yang kita inginkan terkabul, wajib dirancang dan dikelola sebaik mungkin. Setelah dirancang dan dikelola dengan baik, kita akan bersemangat untuk meraihnya.

            Masih ingat dengan John Goddard? Pada usia 15 tahun di tahun 1940, dia telah menuliskan 127 impian hidupnya.  Lalu pada tahun 1972 ketika usianya 47 tahun, dia telah berhasil mencapai 103 dari impian yang dia tuliskan. Mimpi-mimpinya itu antara lain mengunjungi berbagai negara, mendaki gunung, menyelam ke dasar laut, menguasai banyak bahasa, bermain biola, bahkan bisa mengendari pesawat terbang. Sungguh luar biasa sekali!

Ini juga mimpi yang akhirnya terwujud di tahun 2014.


            Lalu bagaimana dengan kita? Masih sibuk merenung ingin ini itu tanpa ada tindak lanjut? Atau seperti orang-orang kebanyakan yang mengatakan hidup ini adalah takdir dan dibawa enjoy saja? Tuhan sendiri mengatakan kalau Dia tidak akan mengubah nasib suatu kaum kalau kaum itu sendiri tidak ingin berubah. So, kita tidak boleh kebanyakan nyantai dan menerima apa adanya saja.

            Untuk mengatur strategi dalam mencapai cita-cita dibutuhkan beberapa hal, yakni:
1.     Berniat dan yakin kalau kita bisa sukses
Hidup bakal efektif kalau kita memiliki perencanaan yang jelas dan memiliki target-target yang jelas pula. Namun sebelum itu, kita harus memiliki niat. Niat seseorang akan mampu memotivasinya melangkah mencapai tujuan. Setelah itu yakinkan diri kalau niat tersebut akan kesampaian. 

Thomas Carlyle mengatakan, “Seseorang dengan tujuan jelas akan membuat kemajuan, walaupun di jalan yang sulit. Seseorang yang tanpa tujuan, tidak akan membuat kemajuan walaupun di jalan yang mulus.”

2.     Detailkan rencana
Mimpi-mimpi yang ingin kita raih harus dijabarkan secara detail. Hal itu untuk memudahkan kita dalam proses pencapaiannya.

3.     Harus Gigih
Untuk mencapai sebuah impian diperlukan kegigihan. Hambatan sudah pasti akan datang. Kalau kita tidak kuat, kita bisa berhenti di tengah jalan yang akhirnya akan menimbulkan kekecewaan atau penyesalan. Sebelum itu terjadi, lakukan segala sesuatunya dengan gigih. Nikmati prosesnya meski akan memakan waktu yang cukup lama. Sebab untuk mencapai sebuah mimpi bukanlah segampang membalikkan kedua telapak tangan.

4.     Menikmati Hasil
Kita akan mendapatkan hasil yang sesuai dengan kerja keras yang kita lakukan. Tuhan itu adil dan Dia tahu siapa yang telah bekerja keras. 


Jadi kalau ingin hasil maksimal, bermimpi, berusaha, dan berdoa jugalah semaksimal mungkin. 

Nyempil bareng Najwa Sihab 😁


2020 merupakan tahun baru, semangat baru, mimpi baru, dan siap menjadi pribadi baru yang lebih baik lagi. Saya sendiri tetap memiliki banyak mimpi. 😀Beberapa di antaranya: 

  • Buku anak bergambar terbit mayor. 
  • Bantu emak supaya bisa daftar naik haji. 
  • Jalan-jalan gratis dari nulis. 
  • Memiliki aset atas nama diri sendiri (tanah, rumah, atau kendaraan).
  • Berkumpul dan berjumpa dengan para penulis di ajang kepenulisan. 
  • dsb. 

 Semoga mimpi kita dijabah oleh Allah Swt. ya teman-teman. Insya Allah tak ada yang tak mungkin kalau Dia sudah berkehendak. 🙏🙏🙏


Padangsidimpuan
Desember, 2014

No comments:

Post a Comment

Instagram