Rabu, 06 Maret 2019

Pesona Coastal Area yang Menyejukkan


Eva Riyanty Lubis


            Mungkin dari Kepulauan Riau, Batamlah yang paling terkenal. Namun jangan salah, karena pulau lain seperti Tanjung Balai Karimun juga memiliki pesona wisata yang sangat luar biasa. Kabupaten yang masih belum ramai penduduk ini memiliki salah satu pariwisata yang terkenal, yakni Coastal Area. 

            Tempat wisata ini berada di sepanjang bibir pantai laut Karimun yang dipenuhi dengan pohon mangrove. Hal itu membuat keindahan pantai dan laut Coastal Area menjadi semakin lebih indah. Apalagi tempat wisatanya masih tergolong bersih sebab ada banyak tempat sampah yang disediakan di berbagai sudut.

 


             
Coastal Area dibangun pada tahun 2008 yang menjadi icon dari Tanjung Balai Karimun sebagai negeri berazam, iman dan taqwa. Sedang tujuan didirikan tempat ini selain sebagai tempat wisata adalah sebagai tempat berlangsungnya berbagai macam kegiatan. Misalnya keagamaan, sosial, budaya, dan sebagainya yang bersifat terbuka. 

Bahkan sejak dibukanya tempat ini yang juga telah dibangun sebuah panggung lumayan besar yang bernama Panggung Rakyat Putri Kemuning, akibatnya banyak artis top ibukota yang diundang untuk manggung di sini. Sungguh sebuah prestasi besar sebab masyarakat bisa menyaksikan semua acara yang digelar secara gratis. Dan hebatnya lagi, karena Coastal Area sangat luas, jalanan tidak menjadi macet karena alasan padatnya pengunjung.




            Beberapa saat yang lalu, MTQ digelar di Coastal Area. Sehingga bangunan yang digunakan untuk MTQ masih berdiri di tempat ini yang membuat tempat ini semakin kelihatan lebih “hidup”.
 
            Sudut kiri dan kanan Panggung Rakyat Putri Kemuning didirikan bangunan yang lumayan tinggi. Sehingga bila pengunjung ingin menikmati keindahan Coastal Area dari atas, bisa menaiki tempat ini. Hanya saja pada hari-hari tertentu tempat ini dikunci. Jadi tidak bisa naik sampai ke puncak bangunan.

            Lalu di bawah dua bangunan tinggi ini terdapat pusat jajanan. Yang biasa kita sebut sebagai pujasera. Menyajikan makanan dengan berbagai macam cita rasa. Mulai dari masakan khas Karimun sampai masakan khas tempat lain seperti khas Padang, khas Batak, dan sebagainya. Harganya pun tergolong murah. Makanya tidak heran tempat ini menjadi ramai pengunjung. Apalagi kalau senja hingga malam tiba. Orang-orang beramai-ramai berwisata kuliner sekaligus menikmati pemandangan senja di pantai Coastal Area.



            Tempat ini juga dijadikan sebagai tempat tongkrongan anak muda. Bagusnya lagi, Coastal Area juga memberikan berbagai macam fasilitas bermain untuk anak-anak lho. di sebelah sudut Panggung Rakyat Putri Kemuning, pada hari biasa dijadikan sebagai tempat permainan anak-anak. Akan ada berbagai macam mobil-mobilan kecil yang bisa dinaiki dan dijalankan oleh si kecil, lalu permainan memancing ikan bohongan, naik becak mini yang masih menggunakan sepeda angin, bersepeda, dan sebagainya. Semuanya murah meriah kok. Seperti naik becak mini hanya mengeluarkan biaya Rp 6.000 untuk beberapa kali keliling Coastal Area. 

            Yang pasti Coastal Area selalu bisa memberikan sensasi menyejukkan. Apalagi kalau kita duduk di tepian pantai sembari memandangi hamparan laut biru. Sesekali kapal besar akan lewat dari depan kita. Dan hembusan angin yang sepoi-sepoi bisa membuat pikiran menjadi tenang.



            Salah satu kekurangan tempat ini adalah, toiletnya yang tidak terawat. Kondisinya lumayan tragis dan aroma baunya yang sangat menyengat. Padahal ada banyak toilet yang dibangun di kawasan Coastal Area ini. Dan hampir 60 % kondisinya tidak memuaskan.

            Namun meski begitu, kawasan Coastal Area masih menjadi tempat pariwisata yang digemari masyarakat lokal maupun pendatang. Jadi kalau libur telah tiba, kamu bisa memasukkan Coastal Area dalam list perjalananmu. Enjoy your trip.

Ketika liburan kala itu. 
Semoga lain waktu kembali menginjakkan Tanjung Balai Karimun. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow Me @evariyantylubis