Senin, 03 Desember 2018

Strategi Menjadi Seorang Penulis


“I love deadlines. 
I love the whooshing noise 
they make as they go by.”
  Douglas Adams, The Salmon of Doubt



pixabay.com
Eva Riyanty Lubis 

Mungkin ada banyak di antara kita yang ingin menjadi penulis namun tidak tahu bagaimana cara memulainya. Sebenarnya mau jadi apapun kita, tak perlu ada yang dipusingkan. Mengapa? Karena semua info ada di internet. Tinggal luangkan waktu untuk memperoleh info tersebut. Jadi, harus ada niat, tekad, dan kesungguhan. 

Strategi menjadi penulis dapat dibagi menjadi empat, yakni:
  • Temukan Potensi
  • Kembangkan
  • Tentukan Positioning
  • Konsisten
Semakin sering Anda menulis, Anda akan semakin tahu di mana letak kekuatan dan kelemahan dalam menulis. Misalnya saya lebih produktif menulis bila sudah melakukan jalan-jalan terlebih dahulu. Nggak sanggup jalan-jalan jauh, cukup memandang hamparan sawah. Nah, bagaimana dengan Anda?


Semakin berkembangnya teknologi, persaingan menjadi seorang penulis sebenarnya lebih besar. Anda dituntut untuk mampu memperoleh ide lebih unik, kreatif, dan inovatif. Cari tahu apa tulisan yang diinginkan penerbit, sekaligus selera pasar. Anda bisa memperoleh jawaban dengan sering searching di internet sekaligus terjun langsung ke toko buku. Perhatikan naskah apa yang menjadi favorit pembaca. Bila Anda rajin melakukan penelitian kecil-kecilan, niscaya Anda akan memperoleh jawaban yang Anda inginkan.

Sebelum itu, coba tanya pada diri Anda. Anda ingin menulis apa? Apa tujuan Anda menulis? Ada baiknya Anda menentukan visi misi Anda dalam menulis. Semakin detil analisis Anda, semakin paham Anda pada diri sendiri. Misal, Anda ingin konsen menulis novel metropop yang ingin diterima dewasa muda. Di dalam tulisan, Anda juga ingin menyisipinya dengan ilmu pengetahuan sekaligus inspirasi. Jika Anda sudah menetapkan hati untuk fokus di satu bidang, maka keluarkan segala kekuatan Anda, perbaiki kelemahan, manfaatkan peluang, dan berani mengambil segala risiko.

Agar semangat menulis semakin berkobar, buat target menulis jangka panjang. Misal, menulis 6 buku dalam satu tahun. Untuk merealisasikan mimpi ini, Anda wajib membaca buku sebanyak-banyaknya sebagai referensi, belajar pada ahlinya atau dari buku dan internet. Kuasai segala teori. Anda juga wajib menulis setiap hari. Disiplin sangat perlu dan Anda harus membiasakan ini. Selain itu, aktiflah dalam komunitas menulis. Komunitas bisa membantumu dalam memberikan link, peluang, dan tempat bertukar informasi dalam bidang penulisan.

Konsisten dalam mimpi Anda sebagai seorang penulis. Fokus tanpa keluar dari jalur.

Selamat menulis dan terus berkarya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow Me @evariyantylubis