Kamis, 05 Juli 2018

Pertandingan Sepak Bola, Tradisi Seru Idul Fitri di Desa Pinarik

Tulisan ini telah dimuat pada harian online SetaraPost.com.

Doc. Pribadi

Pertandingan sepak bola merupakan tradisi yang dilakukan setiap tahunnya untuk menyemarakkan Idul Fitri di Desa Pinarik, Kecamatan Batang Lubu Sutam, Kabupaten Padang Lawas, Sumatera Utara. Tradisi ini sudah dilakukan sejak puluhan tahun lalu.

Ketika Idul Fitri tiba, banyak masyarakat Pinarik yang merantau ke luar kota, lalu mudik ke kampung halaman. Setelah selesai salat Idul Fitri yang dilanjutkan dengan silaturrahmi dengan saudara, maka sore harinya di lapangan bola kaki Pasar Sabtu Pinarik, diadakanlah pertandingan sepak bola antar klub. Selain sebagai ajang pertandingan, tradisi ini juga merupakan ajang silaturrahmi antar perantau sekaligus untuk menghibur masyarakat Pinarik khususnya pecinta sepak bola.


Adapun kesebelasan yang bertanding di tahun 2018 ini antara lain Andespa FC, Batang Lubu Jaya, Bintang Muda, Botung (A), Botung (B), Gumas FC, Garuda United, IKPSP (A), IKPSP (B), Mandiri Utama, Manggis FC, M. M Baru FC, Rajawali FC, Roket FC, Siadam FC, Tamiang FC, Tandolan FC, Tanopan FC, Turbo FC, dan Persepita.


Pertandingan sepak bola yang memperebutkan hadiah berupa uang tunai dan trophy ini berlangsung secara sportif. Sejak pukul 15.00 Wib, supporter kesebelasan dan penonton sepak bola sudah padati area lapangan. Biasanya tradisi pertandingan sepak bola ini berlangsung selama satu minggu. Meski demikian, setiap tahunnya durasi pertandingan yang digelar bisa saja berbeda. Untuk tahun ini, pertandingan akan digelar selama delapan hari.


“Semoga pertandingan sepak bola di Pinarik tetap terus dilaksanakan setiap tahunnya. Tetap bermain sportif. Menang kalah itu biasa. Tunjukkan kemampuan terbaik dalam bertanding,” ujar Anwar, salah satu penonton setia pertandingan sepak bola di Pinarik.


“Dengan adanya pertandingan ini, besar harapan agar muncul pemain-pemain baru dengan talenta terbaik,” tambah Winny, pemudik asal Padangsidimpuan.


Pertandingan sepak bola akan selalu menjadi hiburan yang sangat luar biasa bagi masyarakat Pinarik. Selamat lebaran, selamat liburan. (Eva)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow Me @evariyantylubis