Jumat, 27 Juli 2018

Memanen Air Danau Toba: Sumber Baru Air Minum untuk Masyarakat Tambun Raya

Welcome to Danau Toba
Sumber: https://pixabay.com/id/danau-toba-indonesia-langit-awan-1894746/


Seiring bertambahnya jumlah penduduk, ditambah pula dengan banyaknya industri perusahaan, kualitas sumber air pun kian menurun. Itulah yang kini dirasakan oleh masyarakat Tambun Raya. Meski Danau Toba berada di pelupuk mata, mereka tetap mengalami masalah sulitnya menemukan sumber air bersih. Saban hari, mereka harus mengeluarkan waktu dan tenaga yang tidak sedikit untuk menemukan sumber air bersih.

Benarkah air Danau Toba telah tercemar? Bisa ya, bisa tidak. Sayangnya fakta di lapangan menyebutkan bahwa lebih banyak masyarakat yang mengakui air Danau Toba telah tercemar, sehingga mereka tidak mau memanfaatkannya lagi untuk menopang kebutuhan penggunaan air.


Air merupakan kebutuhan primer yang tidak bisa ditunda pemenuhannya. Manusia sebagai makhluk hidup sangat membutuhkan air, khususnya untuk minum. Ada banyak sumber air di dunia ini. Sayangnya hal tersebut tidak berbanding lurus dengan jumlah air yang dapat dikonsumsi. Ketersediaan air bersih layak konsumsi semakin hari semakin berkurang. Padahal kebutuhan air minum semakin meningkat. Tak heran di beberapa tahun mendatang, kelangkaan air secara pasti bisa dirasakan oleh masyarakat Indonesia.

Doc. Pribadi Kak Remli Nelmian Simarmata

Siapkah kita menghadapi masalah ini? Tentu tidak. Sebelum hal buruk itu terjadi, sudah sewajarnya kita menemukan solusi. Sebagai masyarakat Tambun Raya, tanamkan dipikiran bahwa air Danau Toba tidak tercemar dan masih layak dikonsumsi. Masyarakat harus bisa memanfaatkan air dari danau terluas di Indonesia ini. Tidak boleh terlalu mudah memutuskan sesuatu yang belum benar adanya. Toh nantinya kita juga yang merugi.

Jadi, tidak akan ada masalah bila mengkonsumsi air Danau Toba? Tunggu dulu! Sebelum air dari danau dengan ekosistem mempesona ini digunakan, ada tahap yang harus dilakukan terlebih dahulu. Apa itu? Teknologi filter. Teknologi ini adalah cara pengolahan air hingga benar-benar layak dan aman untuk dikonsumsi. Setelah melalui beberapa tahapan dan berhasil lolos uji dari Balai Besar Laboratorium Jakarta, air Danau Toba siap dipanen! Ternyata hanya butuh sedikit sentuhan teknologi.

Wah, ribet sekali ya. Harus diuji segala. Bagaimana melakukannya? Bersyukurlah kita sebagai masyarakat Tambun Raya atas kehadiran filter air bersih yang saat ini sudah bisa dimanfaatkan untuk penggunaan air bersih yang bersumber dari Danau Toba.

Dengan filter air bersih ini, masyarakat tidak perlu lagi jauh-jauh mencari sumber air. Air Danau Toba siap dipanen hingga anak cucu kelak sebagai penopang penggunaan air bersih. Meski demikian, sebagai masyarakat yang peduli lingkungan, kita juga wajib ikut serta dalam menjaga kebersihan dan ekosistem Danau Toba. Insya Allah perlakuan sederhana ini akan menjadikan kehidupan jauh lebih baik ke depannya.

Horas!

 

9 komentar:

  1. Danau Toba merupakan aset berharga. Jaga dan jangan sampai disia-siakan. Dengan cara tidak membuang sampah sembarang,sudah membantu sekali.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar. Mari beri contoh mulai dari diri sendiri.

      Hapus
  2. Waaaawwwww Danau Toba. Subhanallah. Maha Suci Engkau ya Allah atas apa yang telah Engkau Cipatkan. Byw yang nulisnya cakep banget, apik banhet dalam menorehkan tinta emasnya. Salam litersi! Eva Riyanty Lubis sang motivator sejati bagiku untuk mrnuli, menulis, dan menulis lagi.

    Horas!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah makasih sekaliii.

      Horas!!!

      Hapus
  3. Baguslah! kita sebagai anak bangsa dan penerus para pahlawan harus bisa memperomosikan daerah alam kita yang kaya dan bermakna agar menjadi sebuah sejarah yang bisa di kenang oleh anak bangsa terutama di daerah tempat lahir kita menjadi sejarah dan di kenang sepanjang masa"

    BalasHapus
  4. Trims atas infonya. Tulisannya sangat berguna dan menambah pengetahuan. Yuk, sama2 kita jaga kebersihan lingkungan khususnya Danau Toba demi keberlangsungan hidup kita kini dan anak cucu kita kelak.

    BalasHapus
  5. Wah mantap akak ku ini.. tetap berkarya kak @Eva Riyanty Lubis. 😍😍

    BalasHapus

Follow Me @evariyantylubis