Senin, 04 Desember 2017

7 Fakta Unik Indonesia yang Wajib Kamu Ketahui


Sejauh mana wawasan  Indonesia yang sudah kamu ketahui? Faktanya, banyak di antara kita yang tidak mengenal Indonesia secara mendalam. Pepatah mengatakan, “Tak kenal maka tak sayang.” Janganlah jadi masyarakat yang lebih mengenal negara dan budaya asing dibanding negara sendiri. Bagaimanapun kondisi Indonesia, kita tetap wajib berbangga hati karena sudah bisa menjadi bagian di dalamnya. Nah, berikut akan disajikan fakta unik yang hanya ada di Indonesia, dilansir dari www.bps.go.id dan buku berjudul, “Fakta Unik Indonesia” oleh Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Semoga tulisan ini dapat membantu wawasanmu bertambah, ya.  

Angka Kelahiran
Ketika kamu asyik bermain facebook, instagram, dan media sosial lainnya selama satu jam, maka ada 489 bayi telah lahir di negara kita. Banyak? Yap! Sebab setiap 7,36 detik satu kelahiran terjadi di Indonesia. Artinya, dalam setahun, penduduk Indonesia bakal bertambah sebanyak 4,3 juta jiwa.  Tahukah kamu bahwa angka itu setara dengan penduduk Singapura? Tak heran Indonesia menjadi salah satu negara dengan penduduk terbanyak, ya!

Akta Kelahiran
Meskipun Indonesia termasuk menjadi salah satu negara dengan angka kelahiran tertinggi di dunia, namun banyak di negara kita ini bayi yang lahir namun tidak memiliki akta lahir. Dari 100 kelahiran, hanya 45 bayi yang dilengkapi akta lahir. Bahkan pada tahun 2010, 75% bayi yang tinggal di Sumatera Utara tidak punya akta kelahiran. Padahal jika sampai berumur setahun mereka tidak memiliki akta, para orangtua bayi tersebut bakal kena sidang dan denda administratif di pengadilan negeri.




Janda
Jangan remehkan kekuatan janda. Meski sebagian besar janda di Indonesia rata-rata berumur 59 tahun, jikalau seluruh janda di Indonesia dikumpulkan jumlahnya dua kali lipat penduduk Singapura. Jawa Timur merupakan salah satu provinsi dengan persentase janda tertinggi, yakni 15 persen. Selanjutnya ada Provinsi Sumatera Barat dan Jawa Tengah. Jadi kalau pemerintah sampai lalai mengurusi kesejahteraan para janda, bersiap saja diprotes 11,2 juta janda dari seantero negeri. Janda bersatu tak bisa terkalahkan. Betul, nggak?

Pernikahan
Indonesia merupakan salah satu negara dengan tingkat pernikahan tertinggi. Setiap hari ada 6.020 lebih pasangan yang melangsungkan pernikahan. Bisa dibayangkan ada berapa banyak pendapatan yang bisa diraih jika kita membuka bisnis Wedding Organizer. Tertarik?

Pengeluaran Makanan
Data BPS menunjukkan kecenderungan rumah tangga Indonesia mengalokasikan pengeluaran tertinggi untuk makanan adalah konsumsi makanan, yakni 13,7 %. Pengeluaran untuk padi-padian bahkan hampir  cuma setengahnya yakni 7,48%. Itu artinya, semakin banyak keluarga yang meninggalkan kebiasaan masak-memasak di rumah. Untuk keluarga kecil dengan varian aktivitas dan waktu yang beragam, membeli makanan jadi di warung memang jauh lebih efektif dan efesien. Inilah mengapa bisnis kuliner sangat menjamur dan menjanjikan di negara kita tercinta ini.

Rumah Sakit
Pada tahun 2010, jumlah rumah sakit di Indonesia berjumlah 1.770 unit yang terdiri dari 1.437 Rumah Sakit umum dan 333 Rumah Sakit Khusus. Artinya, setiap 100.000 penduduk Indonesia hanya tersedia sekitar 70 tempat tidur. Sisanya harus rela bergelangsar di sekujur ruang menunggu pasian lain pulang. Sebelum penyakit menyerang, tak ada salahnya untuk sedia kasur nan empuk ya.

Usia Mulai Merokok
43 ribu anak Indonesia merupakan perokok aktif. Sebuah fakta yang berhasil menyayat hati. Tak heran angka harapan hidup masyarakat Indonesia semakin lama semakin pendek.

Itulah beberapa fakta unik Indonesia. Tentunya masih banyak fakta unik lainnya yang seharusnya kita ketahui sebagai masayarat Indonesia yang lahir dan tumbuh kembang di negara tercinta ini. 

*Eva Riyanty Lubis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow Me @evariyantylubis