Senin, 20 Februari 2017

Strategi Jitu Menjadi Kaya dan Terencana dengan Investasi Reksa Dana Online

Setiap orang mempunyai kesempatan yang sama untuk menjadi kaya. Permasalahannya, tidak semua orang tahu cara mencapai hal tersebut. Banyak juga orang yang terkurung dengan pemikirannya bahwa hidup itu harus dijalani apa adanya. Mau miskin, mau kaya, semua diserahkan pada nasib dan takdir. Padahal dalam salah satu surah Al-Qur’an disebutkan bahwa Tuhan tidak akan mengubah nasib suatu kaum kecuali kaum itu sendiri yang mengubah apa yang ada pada diri mereka.

Sumber: Malang - Merdeka

            Indonesia adalah salah satu Negara dengan penduduk terbanyak di dunia. Sayangnya tingkat kemiskinan di Negara kita ini sangat tinggi. Padahal kita kaya akan sumber daya alam. Mengapa hal itu bisa terjadi? Sebenarnya ada banyak faktor. Mulai dari minimnya pendidikan, pola pikir yang menerima apa adanya, tidak memiliki tujuan hidup, tidak ada ambisi, kesehatan yang buruk, mudah menyerah, masa kecil yang suram, malas, takut keluar dari zona aman, tidak bisa disiplin, tidak bisa mengelola waktu, paranoid, dan masih banyak faktor lainnya.

            “Ah, tak perlu kaya. Biar miskin asal bahagia.”
Benarkah itu? Faktanya, orang kaya akan berpeluang memperoleh kebahagian lebih banyak ketimbang orang miskin. Mereka bisa menghabiskan banyak waktu dengan keluarga karena ada pihak-pihak yang sudah dipercaya untuk mengelola bisnis, mereka bisa mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi bahkan mampu mempekerjakan chef handal, mereka bisa memperoleh pendidikan setinggi mungkin, mereka bisa melakukan banyak kegiatan amal dan sosial, mereka bisa menghabiskan waktu liburan kemana pun mereka mau, dan masih banyak lainnya. Sedangkan orang miskin harus mati-matian banting tulang agar bisa survive dari hari ke hari. Suami istri kerja setiap hari, siang malam, bahkan harus mengorban waktu dengan anak.

            Sebenarnya saya tidak menjudge orang miskin, tetapi saya benci dengan kemiskinan. Kemiskinan membuat kita tak berdaya, tidak percaya diri, tidak bisa melakukan banyak hal, bahkan menjadi pribadi dengan hutang menumpuk. Kalau kita memiliki peluang untuk menjadi kaya, mengapa harus miskin?

            Saya berhak menjadi kaya! Saya berhak menjadi pemberi bukan penerima! Pohon tidak akan bertanya seberapa tinggi ia akan tumbuh, melainkan ia tumbuh saja setinggi mungkin selama ia bisa.

            Orang kaya tidak selamanya lahir dari keluarga kaya raya. Kamu bisa berkaca pada Ray Kroc—pendiri McDonald’s. Dia berkata, “I commit to being the very best at what I do.” Dia memerlukan motivasi, disiplin, hasrat, dedikasi, dan sikap pantang menyerah hingga akhirnya bisa menggenggam kesuksesan.

            Tidak sedikit orang yang berhasil mencapai sukses untuk mengesampingkan kesenangan pribadinya. Dia berkorban karena dia tahu, bila sukses telah diraih, dia bisa melakukan apa saja. Dia bisa mendapatkan kesenangan yang lebih luar biasa. Apa jadinya bila Michael Jordan memilih untuk bersantai dan bermain ke sana-kemari ketika harus berlatih untuk pertandingannya?
Blogging Competition - Reksa Dana Online, Investasi Aman dan Mudah.

Dari Berhemat Sampai Investasi

            Sebagai seorang freelancer, pendapatan saya tidak bisa diprediksi. Kadang dalam satu bulan bisa dapat jutaan, kadang malah hanya ratusan ribu. Sedangkan pengeluaran bersifat pasti. Meski saya sudah menikah dan suami bekerja di sebuah perusahaan swasta, tetap saja kondisi keuangan kami masih dalam tahap ‘awas’. Belum lagi saya harus bertanggung jawab untuk membiayai ketiga adik yang masih duduk di bangku universitas, SMA, dan juga SMP. Hal tersebut membuat saya benar-benar harus bisa mengelola pendapatan dengan baik. Berbagai cara pun saya lakukan.  

1.                       Berhemat
Saking hematnya ada yang bilang kalau saya pelit. Tak apalah. Doi kan nggak tahu bagaimana kondisi keuangan saya. Yang pasti, saya berusaha menekan segala pengeluaran. Misalnya dengan membeli barang yang dibutuhkan, bukan diinginkan. Mengurangi pengeluaran jalan-jalan, dan sebagainya.

2.                       Perencanaan Keuangan.
Saya selalu mencatat segala pemasukan dan pengeluaran di sebuah notes. Tujuannya agar keluar masuknya uang bisa terkendali.

3.                       Mendapat income tambahan.
Misalnya dengan menjual barang-barang bekas, memanfaatkan kulkas dengan jualan berbagai macam es, dan masih banyak lainnya.

4.                       Menabung.
Sejak kecil orangtua sudah mengajari saya menabung. Awalnya nabung di celengan, kemudian beralih ke bank. Masalahnya, karena punya ATM, saya selalu tergoda untuk menggeseknya. :( Alhasil tabungan bukannya nambah, malah habis terus. Akhirnya saya pun memutuskan dengan tabungan berjangka yang terkunci dalam waktu tertentu.

5.                       Investasi.
Investasi lebih menguntungkan dari pada tabungan karena kuat menahan inflasi. Ada berbagai macam pilihan investasi tabungan, salah satunya adalah reksa dana.


Sebenarnya saya masih awam sekali seputar reksa dana. Sebelumnya saya hanya tahu seputar investasi emas.

Reksa Dana adalah wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal untuk selanjutnya diinvestasikan dalam Portofolio Efek oleh Manajer Investasi (UU No 8 Th 1995 Pasal 1 angka 27 tentang Pasar Modal).
Kinerja Reksa Dana

Berdasarkan bentuk Badan Hukum, Reksa Dana dibagi menjadi sebagai berikut :
1. Reksa Dana berbentuk Perseroan.
2. Reksa Dana berbentuk Kontrak Investasi Kolektif (KIK).

Secara umum berikut adalah jenis-jenis Reksa Dana :
1. Reksa Dana Saham
2. Reksa Dana Pendapatan Tetap
3. Reksa Dana Pasar Uang
4. Reksa Dana Campuran
5. Reksa Dana Syariah
6. Reksa Dana Terstruktur :
    a) Reksa Dana Terproteksi
    b) Reksa Dana Dengan Penjaminan
    c) Reksa Dana Indeks
7. Reksa Dana Exchange Traded Fund (ETF)
8. Dana Investasi Real Estate (DIRE)
9. Kontrak Investasi Kolektif – Efek Beragun Aset (KIK-EBA)   
10. Reksa Dana Penyertaan Terbatas
11. Kontrak Pengelolaan Dana (KPD) Individual.

Reksa Dana OnlineSekarang, untuk berinvestasi di Reksa Dana tidak perlu lagi repot untuk beranjak dari kursi. Cukup dari depan komputer, Anda sudah dapat melakukan transaksi investasi Reksa Dana.

Beberapa fitur yang tersedia di Reksa Dana Online adalah:
1.     Transaksi Pemesanan Reksa Dana, Keikutsertaan Program "Investasiku Masa Depanku", dan Penjualan Kembali Reksa Dana langsung dari depan komputer Anda Sekarang, Anda tidak perlu lagi repot untuk datang ke kantor cabang kami. Cukup dari depan komputer, Anda dapat melakukan pemesanan pembelian, ikut program "Investasiku Masa Depanku," dan melakukan penjualan kembali reksa dana yang Anda miliki.
2.     Laporan Saldo & Sejarah Transaksi Setiap harinya, Anda dapat memantau posisi terakhir dari portofolio investasi Anda demi membantu Anda dalam mengambil keputusan atas investasi Anda. Posisi terakhir dengan NAB hari sebelumnya dapat Anda lihat mulai jam 9.30 WIB setiap hari kerja.
DIM (Danareksa Investment Management)

DIM (Danareksa Investment Management)—adalah anak perusahaan dari PT Danareksa (Persero). Didirikan pada tahun 1992, tugas utama DIM saat itu adalah mengelola Sertifikat Danareksa yang menjadi "cikal bakal" Reksa Dana. DIM adalah Manajer Investasi pertama yang meluncurkan Reksa Dana di Indonesia pada Juli 1996 dengan mengeluarkan Danareksa Melati, Danareksa Anggrek, dan Danareksa Mawar; tepat setelah Pemerintah RI mengeluarkan UU No. 8/1995 tentang Pasar Modal.
Di dalam melakukan proses investasi atas aset Investor, DIM selalu bertindak secara profesional dan transparan. DIM juga melakukan riset yang mendalam untuk menentukan jenis investasi yang menarik dan juga memformulasikan dan menjalankan berbagai strategi investasi untuk mendapatkan hasil yang terbaik bagi Investor.
Saat ini, DIM mengelola lebih dari 30 Reksa Dana dan beberapa Kontrak Pengelolaan Aset Investasi (KPAI) yang dibuat untuk mengakomodasikan berbagai kebutuhan investasi Anda. DIM selalu berusaha untuk memiliki fokus yang tinggi di dalam mengelola aset Investor dan memberikan imbal hasil investasi yang tinggi berdasarkan risk-adjusted return dalam setiap produk yang dikelola.
Selain itu, DIM juga berusaha untuk selalu memberikan kemudahan bagi Investor dalam melakukan transaksi Reksa Dana. Oleh karena itu, Reksa Dana DIM dapat dibeli melalui layanan Danareksa Online yang terdiri dari layanan transaksi Reksa Dana secara online, layanan Call Center, serta agen-agen penjual yang terdiri dari bank serta Sentra Investasi Danareksa yang telah bekerja sama dengan DIM. Segala kemudahan ini dibuat untuk memberikan kenyamanan bagi Investor dalam berinvestasi Reksa Dana.
Pendaftaran Reksa Dana Online DIM

Syarat dan Ketentuan Registrasi

Pengisian Data-data

Menjadi Kaya dan Terencana dengan InvestasiReksa Dana Online DIM
            Saya selalu sedih melihat kondisi ekonomi keluarga yang jauh dari kaya layak. Tinggal diperantauan tanpa ada sanak saudara. Kalaupun ada saudara dengan ekonomi ke atas, mereka tidaklah pernah memberikan bantuan kepada kami. Pantaslah dikatakan bahwa kita tidak boleh berharap kepada orang lain. Cukup kepada Sang Pencipta dan berusaha mencapai apapun impian itu semaksimal mungkin.
Sumber: www.pinterest.com
            Saya ingin kaya. Sebab kalau saya kaya, saya bisa menaikkan haji ibu saya. Saya bisa membiayai segala kebutuhan adik-adik saya. Saya ingin mereka bisa menyelesaikan pendidikan setinggi mungkin. Saya juga ingin membahagiakan orang-orang terdekat saya.
            Membuka café dan perpustakaan yang sudah saya idam-idamkan sejak dulu. Berlibur bersama suami dan keluarga besar (sebab sejak menikah, kami tidak pernah berlibur bersama. Tentu saja selalu terkendala dibiaya). Dan masih banyak impian lainnya.
            Banyak orang berkata kalau impian saya terlalu tinggi. Tapi saya yakin, tidak ada yang tidak mungkin. Dimana ada kemauan, disitu ada jalan. Mimpi-mimpi ini, membuat saya lebih bersemangat untuk menjalani hidup. Menjadi kaya dan terencana dengan Investasi Reksa Dana Danareksa insyaAllah menjadikan saya bisa melakukan banyak kebaikan.
#AyoInvestasiReksaDana
***
”Artikel ini diikutsertakan dalam kompetisi blog ‘Blogging Competition - Reksa Dana Online DIM, Investasi Aman dan Mudah’. Isi dan tulisan dari artikel/blog post ini diluar tanggung jawab Danareksa Investment Management”.
 

4 komentar:

  1. Menarik sekali infonya, jadi nambah ilmu. Makasih yaa. Kalo gitu saya mau kaya juga! hehe. Jadi kepo nih sama Reksa Dana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayooojadi kaya hati kaya harta, teh :D

      Hapus
  2. Jangan takut bermimpi, Reksa Dana bisa jadi solusi buat inves.
    Makasih banget infonya, tulisannya keren. 😀

    BalasHapus

Follow Me @evariyantylubis