Senin, 27 Februari 2017

Melancong ke Negeri Jepang

Sumber Gambar: iDEA Online

Mengapa harus Jepang? Pasti teman-teman penasaran mengapa saya memiliki keinginan yang kuat untuk melancong ke Negara tersebut. Sebenarnya alasan saya sederhana. Mengunjungi Jepang merupakan impian saya sejak kecil sebab Jepang memiliki keindahan tiada tara. Awalnya saya mengenal Jepang dari pelajaran sejarah, kemudian dari berbagai produk yang banyak ditemui di Negara kita seperti komik dan film kartun. Jujur saja, saya sudah menjadi pecinta komik Jepang sejak SD kelas 1. Komik Jepang yang terbaik, sih. Ceritanya selalu keren dan buat penasaran. Selain mencintai komik Jepang, saya juga tergila-gila dengan film romance Jepang. Bikin baper ^0^ Sebut saja Cyborg She, Koizora, Paradise Kiss, Kimi Ni Tokode, dan masih banyak lainnya.

Jepang juga merupakan salah satu Negara maju di Asia. Tak heran Negara ini dijuluki sebagai Macan Asia. Dari Jepang, kita bisa berkaca banyak hal. Mulai dari sifat pantang menyerahnya (kita ketahui bahwa Jepang sempat porak-poranda akibat Perang Dunia II) dalam pembangunan Jepang, memiliki semangat kerja tinggi (Jepang merupakan Negara dengan waktu tidur tersingkat di dunia karena kesibukan kerjanya), disiplin, sopan, dan memiliki tingkat toleransi tinggi.

Keunikan Jepang lainnya adalah, mereka menjunjung tinggi budaya dan sejarah hingga sekarang ini. Mereka bangga dengan bahasa, aksara, juga pakaian adatnya. Makanya kalau kita ke Jepang, masih mudah untuk menemui orang dengan pakaian kimono-nya. How amazing! Disaat banyak Negara terkikis budayanya dan malah lebih mencintai lifestyle Negara asing, Jepang malah menunjukkan betapa besarnya cinta mereka pada budaya meski zaman kian berkembang.

Bagi masyarakat Buddha yang ingin mempelajari sejarah Budhhisme, bisa sekali melancong ke negeri ini sebab di sini banyak sekali peninggalan-peninggalan era Budha.

So, bagaimana dengan bentangan alamnya? Apakah luar biasa?

Tentu saja! Kita bisa melihat salah satu bunga tersohor di dunia, yakni sakura. Saya selalu berkhayal jika suatu hari bisa duduk di bawah bunga sakura sambil menikmati berbagai makanan khas negeri ini. Betapa menakjubkan. Apalagi ditemani sang kekasih alias suami tercinta. Romantisssss abissss! Yang belum punya pasangan halal dilarang baper. Hehe.

Amazing Sakura
Sumber Gambar: Japan List

Selain sakura, masih banyak lagi yang bisa kita telusuri keindahannya. Ada Gunung Fuji, memikmati daun memerah yang bisa dilihat pada musim gugur (kapan lagi bisa melihat daun merah berguguran?), berbagai kastil dan kuil yang mempesona, plus menikmati kulinernya yang terkenal hingga mancanegara. Saking terkenalnya, di kota saya—salah satu kota kecil di Sumatera Utara—saja ada warung makan khas Jepang. Luar biasa sekali, bukan? ☺

Pantaslah disebut bahwa Jepang memang Negara sejuta pesona. Pemandangan di sana tidak ada duanya. Saya sih yakin, kalau sudah menginjakkan kaki ke sana, pasti bakalan kangen dan pengen lagi dan lagi mengunjungi Negara Sakura tersebut. Tak cukup hanya sekali ☺

Saya selalu berdoa semoga Allah memberi saya kesempatan untuk melancong ke Jepang. Meski saya tahu kalau hendak bepergian ke Jepang, harus menyiapkan budget yang sangat banyak! ⌛

“Sebenarnya dengan pendapatan minim 500rb s/d 1,5juta perbulan membuat saya berkecil hati. Apa saya bisa ke sana? Wong buat biaya sehari-hari saja masih kurang,” ucap saya dalam hati.

Tapi, tetaplah bermimpi. Wong bermimpi gratis. Jadi, bermimpi saja setinggi mungkin. Semoga suatu hari nanti Allah memeluk mimpi saja juga mimpimu satu persatu. 

Menurut saya, agar bisa melancong ke Jepang (yang merupakan salah satu Negara dengan biaya hidup mahal) dibutuhkan perencanaan yang matang. Dari jauh-jauh hari sudah mulai mengumpulkan dana, mencatat estimasi pengeluaran, tempat yang wajib dikunjungi, dan sebagainya. Apalagi dengan kemudahan akses internet, kita bisa cek dan ricek soal biaya di Negara tersebut.

INILAH JEPANG
            Jepang adalah sebuah Negara kepulauan di Lautan Pasifik. Dibentengi laut dan berbatasan langsung dengan Korea Selatan, China, Rusia, dan di ujung selatan, terdapat otoritas Jepang yaitu Pulau Okinawa yang berbatasan langsung dengan Taiwan. Luas Jepang adalah 378.000 km2. Kontur Jepang mayoritas deretan pegunungan dan gunung tinggi. Karena hal tersebut, gempa adalah hal yang sering terjadi di Negara ini.

            Ada empat pulau yang dianggap sebagai pulau-pulau utama di Jepang yaitu, Hokkaido, Honshu, Shikoku, dan Kyushu. Dari batas paling utara sampai selatan, bentang deretan pulau-pulau tersebut kurang lebih 3.000 km. Karena lokasi tersebut, menjadikan Jepang sebagai salah satu Negara yang unggul dibidang maritim.

            Penduduk Jepang berkisar 120-130 juta jiwa dengan kepadatan penduduk 337 jiwa per km2. Kelompok etnik utama adalah etnik asli Jepang, kemudian suku Ainu yang berasal dari bagian utara Jepang.

           Umumnya bagian utara masuk ke dalam kawasan beriklim sedang yang memiliki empat musim. Sementara di bagian selatan masuk ke dalam area tropis atau subtropis.

            Waktu yang tepat untuk melancong ke Jepang adalah pada saat musim semi, di mana sakura sedang tumbuh mekar. Waktu lain adalah pada saat musim gugur, karena kita bisa melihat daun memerah berjatuhan.

            Bendera kebangsaan Jepang adalah Hinomaru—melambangkan matahari. Lalu kebangsaan Jepang berjudul Kimigayo, sedangkan bahasa resmi yang digunakan adalah Bahasa Jepang. Aksara yang digunakan adalah Kanji, Hiragana, dan Katakana. Waktu SMA, saya pernah belajar otodidak ketiga aksara Jepang. Sayangnya karena tidak diulang kembali, jadinya lupa.

            Sebagian besar orang Jepang menganut lebih dari satu agama dan sepanjang tahunnya mengikuti ritual atau perayaan dalam berbagai agama. Mayoritas orang jepang dilahirkan sebagai penganut Shinto, merayakan Shici-Go-San, hatsumode, dan matsuri di kuil Shinto. Bersyukurlah kita, seiring berkembangnya zaman, penganut muslim pun kian banyak ditemukan di Jepang.

            Jepang dipimpin oleh seorang kaisar sebagai kepala Negara sementara kepala pemerintahan oleh seorang perdana menteri.

            Tiga bandara utama di Jepang yang menjadi pintu gerbang utama Jepang adalah Bandara Internasional Haneda dan Narita di Tokyo,serta Bandara Kansai di Osaka.

Kunci sukses Negara Jepang adalah tetap teguh memegang norma-norma ketimuran.

PERSIAPAN MELANCONG KE JEPANG
            Waktu yang tepat untuk mengunjungi Jepang adalah saat Maret hingga Mei, sebab saat itu di sana sedang musim semi. Kita bisa melihat sakura yang tengah bermekaran dan juga berbagai macam festival yang tengah digelar. Tapi, semuanya kembali pada keinginan masing-masing. Yang mau berkunjung pada saat musim gugur, dipersilahkan. Pun ketika musim dingin dan musim panas berlangsung.

So, apa saja yang harus dipersiapkan untuk melancong ke Jepang?
1.    Pemilihan Maskapai Penerbangan
Ke Jepang? Pakai H.I.S. Travel Indonesia saja.

Ada banyak maskapai yang melayani rute terbang ke Jepang, lho. Jadi, teman-teman nggak perlu bingung. Atau biar gampang, teman-teman pakai H.I.S. Travel Indonesia saja. Di sana, harganya lebih murah dan dipastikan pelayanan memuaskan. Teman-teman bisa berangkat seorang diri atau pun group tour.

2.    Pengurusan Visa
H.I.S. Travel Indonesia juga bisa ngurus visa kalian lho!

Untuk memasuki Jepang, kita memelurkan visa. Ada beberapa jenis visa yang secara resmi dikeluarkan oleh Pemerintah Jepang. Namun untuk tujuan wisata, ada dua jenis. Yaitu, visa kunjungan sementara untuk tujuan wisata dengan biaya sendiri dan visa kunjungan sementara berkali-kali. Permohonan visa bisa diajukan ke kedutaan besar Jepang atau konsulat Jepang yang membawahi yuridiksi wilayah-wilayah di Indonesia.

3.    Rute Perjalanan
Bingung mau pilih tempat wisata yang harus dikunjungi di Jepang?
Sudah, percayakan H.I.S. Travel Indonesia saja.

Sebelum melancong ke Jepang, pastikan dulu tempat-tempat mana yang harus dikunjungi.

4.    Akomodasi dan Transportasi
Paket lengkap, harga bersahabat.
Apalasgi kalau bukan H.I.S. Travel Indonesia

Di Jepang, ada banyak pilihan akomodasi dan transportasi. Mulai dari yang murah hingga yang mahal sekali. Semuanya tergantung pada budget yang ada. Buat traveler dengan budget pas-pasan bisa banget menumpang tidur di dorm hostel, sleeper bus, atau hotel kapsul. Rasakan sensasinya yang luar biasa :D Tapi itu cocoknya buat traveler cowok. Biar aman, traveler cewek nginap di hotel saja. Kan ada banyak pilihan ^^ Sebenarnya kalau mau mengirit pengeluaran, bisa dengan cara mencari relasi di Jepang. Lumayan banget kan kalau nantinya kita diizinkan untuk menginap?

Selain itu, kita juga bisa gabung dengan jaringan traveler Couchsurfing. di sana biasanya banyak yang berbaik hati menyediakan tempat tinggalnya ditempati buat sementara waktu dan gratis! Pokoknya kudu pandai bergaul :D

Japan Rail Pass

Untuk transportasi, nggak jauh berbeda sih dengan Negara kita. Ada bus, kereta peluru, kereta lokal, subway, dan lainnya. Membicarakan alat transportasi di Jepang, pastinya berkaitan dengan JR Pass. Apa itu JR Pass? JR Pass adalah sebuah tiket terusan yang berguna untuk seluruh kereta yang ada di Jepang. Pemesanannya harus jauh hari dari jadwal keberangkatan. Sama seperti tiket yang tidak bisa dibeli di Jepang saat tiba nanti. Solusinya adalah dengan memesan tiket-tiket tersebut pada travel agen. Nah, kamu bisa memesan tiket tersebut di HAnavi. Untuk penjelasan lebih lanjut, silahkan klik link berikut.

5.    Barang Bawaan
Sumber gambar: www.stuff.co.nz

Kalau ini tergantung bagaimana nyamannya kita, sih. Ada yang suka pakai backpack, banyak juga yang lebih memilih koper. Yang perlu diperhatikan adalah, bawalah barang-barang yang memang dibutuhkan. Jangan membenahi diri dengan barang bawaan yang tidak perlu. Toh kebanyakan barang, kamu juga yang repot.

6.    Mata Uang
Sumber gambar: www.marketwatch.com

Mata uang Jepang adalah Yen. Jadi, sebelum melancong ke Negara tersebut, ada baiknya cek nilai kurs terlebih dahulu. Jangan lupa juga untuk membandingkan nilai tukar money changer satu dengan yang lainnya.

7.    Komunikasi
Sewa wifi di H.I.S. Travel Indonesia?
Bisa banget!

Di Jepang, kartu Indonesia bisa digunakan. Namun tarif roaming di Jepang berbeda antara satu kartu dengan yang lainnya sehingga membandingkan tarif roaming antar operator akan lebih baik. Nah, agar lebih mudah, kita bisa menggunakan wifi portable sewaan. Selama ada internet, komunikasi bakalan lancar terkendali. Wifi portable bisa digunakan hingga 5 user lho. Tak perlu ribet buat sewa wifi portable. H.I.S. Travel Indonesia solusinya.


TEMPAT YANG WAJIB DIKUNJUNGI DI TOKYO

Hiruk pikuk Tokyo sang Ibukota
Sumber gambar: VoulezVousDiner

1.      Pasar Ikan Tsukiji
Pasar ikan ini merupakan pasar ikan dan seafood terbesar di dunia. Setiap harinya, pasar ini menerima 2.000 ton berbagai produk laut, yang terdiri atas 400 jenis seafood, mulai dari rumput laut, telur ikan, ikan sarden berukuran kecil, hingga tuna seberat 300 kg.

2.      Akihabara
Merupakan pusat dari anime, manga, dan komputer di Jepang. Di antara jejeran toko elektronik, tersebar berbagai toko dan perusahaan yang menjual berbagai jenis barang yang berhubungan dengan anime dan manga.

3.      Koishikawa Korakuen
Di Jepang, ada dua jenis taman, yaitu taman kota dan taman bergaya Jepang. Nah, dari sekian banyak taman bergaya Jepang di Tokyo, Koishikaw Korakuen merupakan pilihan terbaik yang wajib dikunjungi.

4.      Tokyo Imperial Palace
Jepang memiliki istana yang menjadi tempat kediaman resmi kaisar dan keluarganya. Di Jepang, ada beberapa istana,yaitu Tokyo Imperial Palace, Kyoto Imperial Palace, Sento Imperial Palace, Katsura Imperial Villa, dan Shugakuin Imperial Villa. Dari istana-istana tersebut, Tokyo Imperial Palace tercatat sebagai kediaman resmi kaisar Jepang. Istana ini juga berfungsi untuk menerima tamu kenegaraan serta melakukan berbagai upacara penting lainnya.

5.      Imperial Palace East Garden
Tempat ini dipenuhi oleh tanaman hijau yang indah dan terawat.

6.      Ginza
Sebuah distrik yang dikenal sebagai sala satu pusat perbelanjaan kelas dunia bagi shopaholic. Di sini dapat ditemukan dengan mudah segala barang-barang mewah bermerek.

7.      Shibuya
Merupakan distrik khusus yang dikenal sebagai salah satu kiblat fashion di Jepang.

8.      Harajuku
Dikenal sebagai kiblat kebudayaan popular (pop culture) yang cenderung ekstrem dibanding kebudayaan lainnya.

9.      Meiji Jingu
Sebuah kuil yang dibangun pada masa pemerintahan Meiji sebagai bentuk penghargaan rakyat terhadap kaisar dan permaisuri.

10.  Tokyo Skytree
Difungsikan sebagai menara pemancar, menara observasi dan dilengkapi dengan berbagai fungsi komersial serta restoran di dalamnya.

11.  Edo-Tokyo Museum
Bangunan yang tingginya hampir sama dengan Edo Castle Tower dan luas bangunannya dua kali lebih besar dari lapangan stadion Tokyo.

12.  Odaiba
Merupakan pulau buatan yang berfungsi sebagaikawananhiburan dan perbelanjaan yang terletak di teluk Tokyo.

13.  Tokyo Tower
Berdiri sejak 1957. Memiliki nama resmi Nippon Denpatou yang berfungsi sebagai pemancar gelombang TV analog, pemancar radio, serta pemancar TV lokal.

14.  Tokyo DisneySea
Terletak di wilayah terluar Tokyo. Merupakan bagian dari kompleks Tokyo Disney Resort.  Taman bermain ini luasnya 71,22 hektar hadir sejak 04 September 2001.

15.  Mysterious Island
Merupakan area yang terinspirasi dari cerita fiksi ilmiah karya Jules Verne, seorang penulis novel berkebangsaan Perancis.

TEMPAT YANG WAJIB DIKUNJUNG DI OSAKA

Super Power Osaka.
Sumber gambar: www.osaka-info.jp

1.      Shin Umeda City
Salah satu tempat wisata yang menampilkan sisi lain Osaka yang mempesona. Kawasan wisata ini memanjakan para wisatawan asing dengan keindahan tata kota, perpaduan serta kombinasi area hijau dan pusat kota yang dipenuhi oleh bangunan-bangunan tinggi.

2.      Kuil Shitennoji
Kuil ini merupakan salah satu kuil Buddha tertua di Osaka.

3.      Space Fantasy
Pengunjung diajak berpetualang ke luar angkasa menembus bintang-bintang.

4.      Back to The Future
Pengunjung bisa menaiki mobil replica Delorean yang sangat terkenal. Mobil ini akan membawa pengunjung untuk menelusuri masa dengan dan masa lalu dengan berbagai peristiwa menarik.

5.      Jurassic Park
Pengunjung akan diajak menelusuri sebuah hutan menggunakan sebuah kapal untuk melihat kawanan dinosaurus.

6.      The Jaws
Para pengunjung akan menaiki sebuah kapal untuk menelusuri danau di sekitar wahana tersebut. Di tengah perjalanan, pengunjung akan dikejutkan oleh seekor hiu menerjang kapal seolah-olah ingin menerkam penumpang di dalamnya.

7.      Hollywood Dream
Wahana ini akan membawa para pengunjung menelusuri lintasan dengan jalur ekstrim.

8.      Animation Celebration
Di wahana ini, pengunjung akan disajikan teknologi holovision 3D yang menampilkan gambar atau tokoh katakter yang akan hadir langsung di depan kita.

9.      Terminator 2 (3D)
Para pengunjung akan merasakan sensasi nyata dari pertarungan robot-robot masa dengan yang siap menjajah manusia.

10.  Magical Starlight Parade
Parade ini menampilkan berbagai kilauan cahaya yang ditampilkan oleh karakter-karakter Hollywood seperti Cinderella, Hello Kitty, One Pice, dll. Parade ini ditampilkan pada malam hari.

11.  Osaka Aquarium
Merupakan salah satu kawasan wisata yang akan memperkenalkan para pengunjungnya mengenai dunia air dan makhluk-makhluk yang hidup di dalamnya.


TEMPAT YANG WAJIB DIKUNJUNGI DI KYOTO

Syahdunya Kyoto
Sumber gambar: CNN.com

1.      Nijo-jo
Nijo-jo atau Nijo Castle merupakan sebuah kastel yang menjadi kediaman resmi shogun saat berkunjung ke Kyoto.

2.      Nishiki Market
Merupakan tempat ideal bagi para wisatawan untuk berburu kuliner ala Jepang. Panjang kawasan ini mencapai 390 meter.

3.      Kiyomizu-dera
Merupakan salah satu kuil Buddha terpopuler di Kyoto.

4.      Ginkaku-ji Temple
Ginkaku-ji merupakan nama popular dari kuil Jisho-ji. Seperti halnya kuil Kinkaku-ji yang terkenal akan pavilion emas, kuil ini juga terkenal dengan pavilion peraknya. Uniknya, jika kuil Kinkaku-ji betul-betul dilapisi emas, maka Ginkaku-ji ini sama sekali tidak dilapisi oleh perak.

5.      Higashiyama
Merupakan salah satu kawasan yang sengaja dibangun untuk mempertahankan suasana Kyoto tempo dulu.

6.      Gion
Merupakan salah satu kawasan terbaik untuk melihat geisha.

7.      Sagano Scenic Railway
Sebauah kereta yang beroperasi di sepanjang jalur sungai Hozugawa, yang membentang di antara Arashiyama dan Kameoka.

8.      Fushimi Inari Taisha
Kuil yang dipersembahkan untuk Dewi Inari. Kuil ini juga merupakan pusat dari seluruh kuil Inari dan telah ada kira-kira 32.000 subkuil yang tersebar di seluruh Jepang.

Nah, banyak banget kan tempat yang wajib dikunjungi di Jepang? Itu belum semuanya lho. Masih ada berbagai macam festival yang dirayakan, dan lainnya. Pokoknya kalau mau liburan di Jepang, pasti bakalan jadi liburan yang tak akan terlupakan. Bagi masyarakat muslim, tak perlu takut karena di sini ada banyak makanan halal. Mesjid untuk beribadah juga disediakan lho. Alhamdulillah sekaliya. So, agar aktivitas liburannya sesuai rencana, percayakan saja pada H.I.S. Travel Indonesia ya ^_^
Selamat Melancong ke Negeri Sakura yang Super Amazing! #HISAmazingSakura

HIS Blogger Competition

Padangsidimpuan, 27 Februari 2017

Sumber Artikel
·         http://www.his-travel.co.id
·         Buku Panduan Wisata Jepang: Tokyo, Osaka, dan Kyoto karya Wenika Yuda.
·         Buku Backpacking Jepang karya Farchan Noor Rachman.
·         Google
·         Wikipedia


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow Me @evariyantylubis