How You Life Your Life

Sebab Nilai tidak (Lagi) Menjamin Kesuksesan

Eva Riyanty Lubis

Sumber Gambar: Harmonas

            Di negara kita Indonesia, kesuksesan seseorang biasanya selalu dikaitkan dengan jenjang pendidikan yang telah berhasil ditempuh. Semakin tinggi dan banyak gelar yang diraih, semakin kagum dan hormat pulalah orang padanya. Sama sekali tidak melihat ilmu dan kemampuan seseorang itu secara langsung. Padahal ijazah belum tentu jawaban akan kemampuan seseorang.

            Di lingkungan masyarakat, kebanyakan selalu ditanamkan pada pikiran putra-putrinya untuk bersekolah setinggi mungkin agar nantinya mendapatkan pekerjaan yang layak. Faktanya, banyak pekerjaan yang dikerjakan tanpa butuh ijazah sarjana. Sia-siakan ijazah itu? Ya. Kalau seseorang bersekolah hanya demi mendapatkan gelar. Rugi materi dan waktu.

            Sesungguhnya, ilmu bisa didapatkan di mana saja. Semua tergantung dengan niat dan usaha dalam mempelajari apa yang kita inginkan. Kalau ingin kuliah, maka kuliahlah yang baik. Pilih jurusan sesuai dengan minat agar dalam proses belajarnya tidak merasa tertekan. Selain kita dapat ilmu, kita juga akan diberi bonus berupa nilai sesuai dengan kemampuan.

            Kalau belum bisa berkuliah, maka jangan sampai berkecil hati. Sudah dibuktikan kalau ada banyak orang yang sukses tanpa harus mendapat gelar sarjana. Seperti di Indonesia baru-baru ini. Menteri Kelautan dan Perikanan Kabinet Kerja, Susi Pudjiastuti. Seorang menteri tanpa sarjana. Meski begitu beliau menunjukkan kalau beliau memang pantas menjadi seorang menteri. Ada lagi Andrie Wongso, Buya Hamka, Andi F Noya, dan masih banyak lainnya. Belum lagi dari luar negeri seperti pendiri facebook Mark Zuckerberg, pendiri Microsoft, Bill Gates, dan lain-lain.

            Jadi, cepat atau lambat, nilai tidak akan menjadi syarat kesuksesan seseorang. Skill-lah yang paling dibutuhkan. Untuk itu, kalau kamu memiliki skill dalam suatu bidang, maka pelajarilah lebih lanjut agar kemampuan itu semakin baik dan berkembang. Percaya saja, Tuhan tidak akan menutup matanya pada hambaNya yang berusaha dengan niat dan usaha tulus ikhlas.

            Dan seperti yang dikatakan Michelle Obama, sukses itu bukan seberapa banyak materi yang kamu dapatkan. Namun bagaimana hidupmu dapat bermanfaat bagi kamu dan orang banyak.


            Jadi, jangan pernah takut untuk berjuang dalam hidup ini meski kamu tidak memiliki nilai di ijazah yang bagus. Selalu belajar, berdoa dan berjuang. 

No comments:

Post a Comment