Rabu, 09 November 2016

Perempuan dan Solo Traveler. Mengapa Tidak?

Eva Riyanty Lubis

Sumber Gambar: thienlamtravel.vn


            Ada banyak hal yang membuat kita sebagai perempuan terkadang menginginkan yang namanya solo traveler. Misalnya saat datang pikiran jenuh akan rutinitas yang dijalankan. Untuk mengajak teman, belum tentu mereka bisa. Sehingga solo traveler menjadi pilihan utama.

            “Memangnya nggak bahaya kalau bepergian seorang diri?” tanya beberapa orang pada saya.

         "Kalau ada jambret, maling, preman dan sebagainya di perjalanan gimana dong?” tanya yang lainnya.

            Saya sendiri sejak berusia 17 tahun, sudah bepergian ke berbagai kota seorang diri. Perjalanan dari Padangsidimpuan –kota saya- ke berbagai kota di Pulau Sumatera, bahkan sampai ke Pulau Jawa. Sebenarnya, tidak ada yang perlu ditakutkan. Asal sudah ada niat dan mental kuat yang tertanam di dalam hati dan pikiran kita. Jangan lupa juga untuk meminta izin kepada orang tua sebab jika mereka memberi restu, mudah-mudahan perjalanan yang akan dilalui akan baik-baik saja. Untuk yang berusia 20an ke atas, saya rasa orang tua juga sudah yakin putra-putrinya bisa menjaga diri kalau ingin bepergian.

            Meski begitu, saya akan memberikan beberapa tips bagi perempuan yang ingin bersolo traveler. Di antaranya adalah:

1.                  Kelengkapan Dokumen
Jalan-jalan ke dalam maupun luar negeri, kita harus selalu melengkapi dokumen. KTP, SIM, Paspor, Visa, dan sebagainya. Nggak lucu kan kalau sesuatu hal yang tidak diinginkan terjadi dan kita tidak memiliki dokumen lengkap?

2.                  Pelajari Daerah yang Dituju
Akan lebih baik kalau kita mencari tahu tentang semua hal yang berkaitan dengan daerah yang akan dikunjungi sebelum memutuskan untuk bepergian ke sana. Hal itu akan memudahkan kita beradaptasi di tempat tersebut.

3.                  Hati-Hati Memilih Penginapan
Jalan-jalan dalam beberapa hari, tentu saja kita membutuhkan penginapan. Pandai-pandailah mencari informasi tentang penginapan yang kita inginkan. Untuk perempuan, akan lebih bagus kalau penginapannya terletak di pusat kota yang memudahkan kita untuk pergi ke mana-mana. Jangan karena harganya murah, kita malah memutuskan untuk menginap di sudut kota yang tidak ramah lingkungan dan banyak orang tidak benarnya di sana. Bukannya mendapatkan liburan yang asyik, jiwa kita malah terancam. Pilihan lain, kita juga bisa menginap di rumah saudara atau di tempat teman.

4.                  Bawa Perlengkapan Secukupnya
Jangan karena barang bawaan yang banyak, perjalanan kita jadi menyebalkan. Untuk itu sebelum berangkat ke daerah yang dituju, cek kembali barang-barang bawaan.

5.                  Peduli Kesehatan
Jalan-jalan tidak akan asyik kalau kita sedang terkena demam dan sebagainya. Makanya sebelum itu terjadi, pedulilah pada tubuh. Olahraga, minum yang cukup, makan-makanan bergizi, mengkonsumsi buah-buahan wajib hukumnya. Meski begitu, persedian obat-obatan jangan sampai lupa dibawa. Hal itu sebagai antisipasi kalau tubuh kita mendadak ngedrop.

6.                  Percaya Diri
Percaya diri itu wajib hukumnya. Apalagi kalau kita berada di daerah orang lain. Kita harus bisa berbaur seolah-olah kita bukan orang lain di tempat tersebut. Banyak orang apalagi laki-laki selalu menganggap perempuan itu terlalu pemalu dan kurang bisa bergaul. Jadi, masih mau dianggap sebelah mata?

7.                  Peduli Busana
Kalau bepergian, pakailah busana sederhana, tidak mencolok, dan tidak seksi. Warna-warna pakaian yang dipilih juga jangan terlalu cerah agar tidak menjadi pusat perhatian. Tidak perlu menggunakan perhiasan. Apalagi yang terbuat dari emas, intan, berlian dan sebagainya. Jangan sampai mengundang orang untuk berbuat kejahatan padamu. Kalau masih ingin terlihat modis dengan berbagai aksesoris, cukup gunakan aksesoris biasa namun memberikan kesan elegan atau fresh. Banyak kok kita dapatkan di pasar. Misalnya gelang-gelang unik yang 3 biji Rp 10.000,00.

8.                  Stop Menghabiskan Waktu Berselfie Ria
Kebanyakan perempuan kalau sudah mendapatkan lokasi dan view yang bagus, maunya foto-foto terus. Lima menit melangkah, foto. Lima menit melangkah, foto. Liburan tidak hanya sekedar berselfie ria, guys. Ada banyak hal yang bisa dilakukan dari pada menghabiskan waktu untuk berfoto-foto apalagi dengan gaya-gaya alay anak remaja zaman sekarang. Berbaurlah dengan sekitar. Pelajari banyak hal yang belum tentu kamu dapatkan di wilayah tempat tinggalmu.

9.                  Ikuti Ingsting
Insting kita biasanya tidak akan lari jauh. Kalau ada orang yang berniat tidak baik, jangan takut untuk menghadapinya. Bisa dengan teriak meminta pertolongan orang, dan sebagainya.

10.              Uang
Meski kita memiliki uang yang banyak, tak perlu orang sampai tahu. Kalau ke luar negeri, tukarlah mata uangnya di tempat kita saja sebab bila menukar mata uang di Negara yang akan dituju, mata uang Rupiah akan turun drastis. Kalau ke kota-kota lain di Indonesia, siapkan juga uang receh. Jangan sampai kelimpungan untuk menukarkan uang karena uang kita bernilai besar. Simpan uang dengan baik. Bila perlu, tempat penyimpannya dibuat dalam beberapa tempat. Sehingga kalau kita kehilangan, kita masih memiliki uang di tempat “persembunyian” lainnya.

            Demikian tips bagi perempuan yang ingin bersolo traveler. Tunggu apalagi. Segera siapkan rencana perjalanmu!  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow Me @evariyantylubis