Sabtu, 29 Oktober 2016

Saat Kita Jatuh Cinta

Septia Khoirunnisa



“Aku suka kamu, sayang sama kamu. Mau gak jadi pacarku?” ungkapan yang biasa diungkapkan oleh seorang insan yang sedang merasakan cinta kepada belahan jiwanya.

Lalu apakah ungkapan tersebut wajar adanya? Sesungguhnya Allah menciptakan manusia berpasang-pasangan, itu artinya tidak ada yang salah dengan rasa cinta terhadap lawan jenis. Hanya saja, saat kita mengutarakan rasa cinta tersebut perlu dibersamai dengan tindakan nyata yang berakhir dengan jalan halal.

Jatuh cinta hanya ada dua macam, jatuh cinta dengan elegan dan jatuh cinta lalu hancur. Kali ini yang akan dibahas adalah bagaimana jatuh cinta dengan cara elegan antara lain:

Sumber gambar: Kabar Dari Panyileukan


Mencintai dalam diam

Saat seseorang mulai dilanda virus merah jambu, maka yang akan terjadi adalah perubahan pada detak jantung saat orang yang kita sukai lewat di hadapan kita, mendengar suaranya atau hanya sekedar mengingat wajahnya. Maka cara jatuh cinta yang elegan pertama adalah tanamkan pada diri kita bahwa sebelum halal jalan terbaik mencintainya cukup dengan diam. Tidak perlu banyak diumbar seberapa sukanya kita dengan orang tersebut atau hal-hal lain yang menandakan bahwa kita teramat mencintainya.

Semakin mencintai pemilik cinta, Allah SWT.

Boleh jatuh cinta dengan seseorang, akan tetapi yakinkan dalam diri bahwa rasa cinta terbesar kita hanya kepada Allah SWT. Dalam urusan cinta maka serahkan rasa itu hanya kepada-Nya. Perbanyaklah ibadah, alihkan perhatianmu ke arah yang lebih bermanfaat. Jika benar mencintai seseorang maka jangan kejar cinta orang tersebut, melainkan kejarlah cinta Allah SWT. Seperti halnya kisah cinta di antara Zulaikha dan Nabi Yusuf. Ketika Zulaikha mengejar cinta Nabi Yusuf, makin jauh Nabi Yusuf darinya. Ketika Zulaikha mengejar cintanya Allah, Allah datangkan Nabi Yusuf untuknya.

Sumber gambar: Tumiesn Warna Warni Har


Tundukan pandangan

Saat cinta terhadap lawan jenis mulai berkembang, maka tundukan pandang. Insyaallah, Allah akan jaga hati kita dari berlanjutnya cinta yang salah.

Perbanyak doa dan zikir

Mencintai seseorang adalah ujian hati yang lumayan rumit. Jika tidak pandai menyikapinya, maka hancurlah hati yang selama ini kita jaga. Maka cara selanjutnya adalah dengan memperpanjang waktu zikir dan memperbanyak doa. Jaga sesorang yang kita cintai dalam setiap doa-doa mesra kita kepada Allah SWT. Semoga, jika tepat waktunya Allah SWT akan memberikan jawaban terbaik-Nya.

Sumber gambar: vemale.com


Cari tahu pribadinya dari orang-orang terdekatnya

Jika memang benar kita serius mencintainya, maka cara untuk tahu apapun tentangnya adalah dengan bertanya kepada orang-orang yang sekiranya dekat dengannya. Hindari berdua-duan sebelum adanya ikatan halal. Bila memang harus bertemu, maka ajaklah seseorang yang kira-kira dapat mengingatkan di jalan kebaikan.

Salat Istikharah

Setelah mengetahui seluk beluk kehidupannya, kepribadiannya dan hal-hal lain yang dirasa penting maka langkah selanjutnya adalah melaksanakan solat istikharah. Minta petunjuk pada Allah SWT.

Sumber gambar: Hijabiworld


Ajak menikah

Langkah terakhir untuk jatuh cinta elegan adalah ajaklah seseorang yang sudah mantap kita pilih untuk melangkah ke jenjang yang lebih serius. Menikah. Hanya dengan cara tersebut maka sempurnalah langkah-langkah jatuh cinta dengan elegan. Alangkah indahnya mengungkapkan rasa cinta saat halal telah digapai. Romantisnya bisa melebihi drama-drama korea. Hehehe. J


Pernikahan adalah momen yang sangat sakral. Jadi usahakan dalam prosesnya dilakukan dengan cara-cara yang baik. Insyaallah, Allah akan bukakan jalan terbaik-Nya untuk mempersatukan dua insan yang serius saling mencintai. Dengan begitu keluarga Sakinah, Mawadah dan Warahmah dapat terwujud nyata. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow Me @evariyantylubis